UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS II B SD NEGERI 88 MANADO

Tuilan, Theresia and Mandolang, Eunike and Lomban, Edino Ayub (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS II B SD NEGERI 88 MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_TheresiaTuilan.pdf

Download (487kB)
[img] PDF
ABSTRAK_TheresiaTuilan.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
BAB_I-LAMPIRAN_TheresiaTuilan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 88 Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas II SD Negeri 88 Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II B di SD 88 Manado dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Berdasarkan tes yang dilaksanakan guru pada keterampilan membaca siklus I mendapatkan nilai yang sangat kurang, hasil dari tes tersebut menunjukkan bahwa, dari 25 siswa yang mendapat nilai kurang 13 siswa, sedangkan yang mendapat nilai cukup ada 12 siswa. Nilai rata-rata siswa pada pembelajaran ini yaitu 10,2 %, dan mengalami peningkatan pada keterampilan membaca siklus II menunjukkan bahwa, dari 25 siswa yang mendapat nilai kurang ada 1 siswa, yang mendapat nilai cukup ada 5 siswa, yang mendapat nilai baik ada 8 siswa dan yang mendapat nilai sangat baik ada 11 siswa. Nilai rata-rata siswa pada pembelajaran ini yaitu 20,2%. Hasil belajar pada siklus I memperoleh skor rata-rata 60.8, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (36%), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (64%). Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki skor rata-rata 74.4, dengan jumlah siswa yang tuntas 18 (72%), dan siswa yang tidak tuntas 7 (28%). Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II B SD Negeri 88 Manado.

Kata Kunci: Kartu Kata, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tuilan, TheresiaNIM.19081030
Mandolang, EunikeNIDN.0925019201
Lomban, Edino AyubNIDN.0911117502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 28 Nov 2025 07:54
Last Modified: 28 Nov 2025 07:54
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item