PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD KATOLIK 03 ST. YOHANES MAPANGET BARAT

WAROW, GLORY and Kasiahe, Evi Martika D. and Mandolang, Eunike (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD KATOLIK 03 ST. YOHANES MAPANGET BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER_DAFTRAR-ISI_GloryWarow.pdf

Download (290kB)
[img] PDF
ABSTRAK_GloryWarow.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
BAB_I-LAMPIRAN_GloryWarow.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Glory Virginia Warow. 2021. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat. Skripsi. Dibimbing oleh Evi Martika D. Kasiahe, S.Fil., M.Pd dan Eunike Mandolang, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Katolik De La Salle Manado.
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pembelajaran berbasis internet terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur variabel pembelajaran berbasis internet dan motivasi belajar siswa. Dari hasil uji SPSS maka variabel X (pembelajaran berbasis internet) diperoleh α = 0,903 berarti α = 0,903 > 0,70 , maka dalam hal ini instrument dikatakan reliabel. Sedangkan uji reliabilitas untuk variabel Y (motivasi belajar siswa) diperoleh α = 0,942 berarti α = 0,942 > 0,70 maka dalam hal ini instrumen dikatakan reliabel.
Berdasarkan uraian pada tabel anova, nilai Fhitung untuk X (pembelajaran berbasis internet) dan Y (motivasi belajar siswa) sebesar 12,293 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Nilai Ftabel pada n=30 dengan V1=1 dan V2=28 sebesar 4,20. Sehingga hasil uji anova menyatakan nilai Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis internet terhadap motivasi belajar siswa dan memiliki besaran pengaruh sebesar 30.5 %.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Internet, Motivasi Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WAROW, GLORYNIM.17081020
Kasiahe, Evi Martika D.NIDN.0914039302
Mandolang, EunikeNIDN.0925019201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 28 Nov 2025 06:54
Last Modified: 28 Nov 2025 06:54
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item View Item