EFEKTIFITAS EDUKASI KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STUNTING PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 KAKAS

PALELE, MILLITIA and Kerangan, Johanis and Budiawan, Helly (2024) EFEKTIFITAS EDUKASI KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STUNTING PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 KAKAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_MilitiaPalele.pdf

Download (520kB)
[img] PDF
ABSTRAK_MilitiaPalele.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
BAB_I-LAMPIRAN_MilitiaPalele.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Stunting merupakan salah satu permasalahan gizi sekarang ini yang sering diderita oleh balita diseluruh dunia. Dampak yang dapat terjadi yaitu penurunan daya tahan tubuh, sehingga beresiko terkena penyakit degenerative. Kekurangan gizi kronis bisa mempengaruhi daya pikir seorang anak, sehingga dapat menghambat masa pertumbuhan sang anak bersamaan dengan bertambahnya usia. Berdasarkan fakta dilapangan terdapat 10 siswi yang belum mengetahui pecegahan risiko stunting. Edukasi kesehatan menggunakan metode peer group efektif untuk diberikan pada anak remaja sebagai upaya pencegahan stunting.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi pengetahuan kesehatan dengan metode peer group terhadap upaya pencegahan stunting pada remaja putri di SMP Negeri 1 Kakas.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen menggunakan pretest posttest with control group. Populasi adalah seluruh siswi kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Kakas dengan pengambilan data menggunakan simple random sampling, 25 responden kelompok intervensi dan 25 responden kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan uji T berpasangan, uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney.
Hasil: Hasil analisis data mengenai perbandingan edukasi kesehatan dengan metode peer group kelompok intervensi yaitu p-value 0,006, dan kelompok kontrol dengan metode ceramah yaitu p-value 0,00 dan hasil analisis dari posttest kelompok intervensi dan kelompok control yaitu p-value 0,005
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan menggunakan metode peer group lebih efektif diberikan pada anak remaja dibandingkan metode ceramah.
Kata Kunci: Pencegahan Stunting, Remaja Putri, Metode Peer Group

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PALELE, MILLITIANIM.22161015
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Budiawan, HellyNIDN.0928098703
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 26 Nov 2025 05:31
Last Modified: 26 Nov 2025 05:31
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item