PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA KELAS III SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS MAUMBI

ROSALINDA, ROSALINDA and Tiwow, Deiby N.F. and Wongkar, Veronica Yonita (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA KELAS III SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS MAUMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_Rosalinda.pdf

Download (847kB)
[img] PDF
ABSTRAK_Rosalinda.pdf

Download (12kB)
[img] PDF
BAB_I-LAMPIRAN_Rosalinda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas III di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian melalui penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa kelas III SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi dengan jumlah siswa 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, dokumentasi dan vidio pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika materi perkalian mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata yaitu 52. Jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 10 dengan persentase ketuntasan sebesar 43%. Pada siklus II, nilai rata-rata yaitu 90. Jumlah yang mencapai KKM adalah sebanyak 22 dengan persentase ketuntasan 95%. 2) hasil aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 46 dengan persentase 54%. Aktivitas siswa mencapai 14 dengan persentase 56%. Pada siklus II, aktivitas guru mencapai 85 dengan persentase 100%. Aktivitas siswa mencapai 25 dengan persentase 100%. Karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas III di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi.

Kata Kunci: Matematika, Perkalian, Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROSALINDA, ROSALINDANIM.20081008
Tiwow, Deiby N.F.NIDN.0908049101
Wongkar, Veronica YonitaNIDN.0907077710
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:58
Last Modified: 04 Jul 2025 05:58
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4111

Actions (login required)

View Item View Item