ROSALINDA, ROSALINDA and Tiwow, Deiby N.F. and Wongkar, Veronica Yonita (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA KELAS III SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS MAUMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
![]() |
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_Rosalinda.pdf Download (847kB) |
![]() |
PDF
ABSTRAK_Rosalinda.pdf Download (12kB) |
![]() |
PDF
BAB_I-LAMPIRAN_Rosalinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas III di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian melalui penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa kelas III SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi dengan jumlah siswa 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, dokumentasi dan vidio pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika materi perkalian mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata yaitu 52. Jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 10 dengan persentase ketuntasan sebesar 43%. Pada siklus II, nilai rata-rata yaitu 90. Jumlah yang mencapai KKM adalah sebanyak 22 dengan persentase ketuntasan 95%. 2) hasil aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 46 dengan persentase 54%. Aktivitas siswa mencapai 14 dengan persentase 56%. Pada siklus II, aktivitas guru mencapai 85 dengan persentase 100%. Aktivitas siswa mencapai 25 dengan persentase 100%. Karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas III di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi.
Kata Kunci: Matematika, Perkalian, Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 05:58 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 05:58 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |