PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS MAUMBI

BEHUKU, IRMA and Kasiahe, Evi Martika D. and Tiwow, Deiby N.F. (2024) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS MAUMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_IrmaBehuku.pdf

Download (999kB)
[img] PDF
ABSTRAK_IrmaBehuku.pdf

Download (457kB)
[img] PDF
BAB_I-LAMPIRAN_IrmaBehuku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan hasil belajar menggunakan media kartu kata pada siswa kelas I SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus dengan subjek sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Pada siklus I keterampilan membaca permulaan terdapat 2 siswa yang memperoleh kategori sangat baik, 10 siswa memperoleh kategori baik, 4 siswa memperoleh kategori cukup dan 10 siswa memperoleh kategori kurang. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 9 siswa memperoleh kategori sangat baik, 12 siswa memperoleh kategori baik, 2 siswa memperoleh kategori cukup, dan 3 siswa memperoleh kategori kurang. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada pencapaian ketuntasan yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata pra siklus yaitu 61 dengan persentase 38%. Setelah pelaksanaan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 63 dengan persentase kentutasan 50%. Dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 72 dengan persentase 80%. Adapula aktivitas siswa dan guru pada siklus I diperoleh 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 88%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 77% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas I SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Dengan demikian, dapat dijadikan bahan rekomendasi kepada pihak sekolah dan guru untuk dapat menggunakan media kartu kata dalam pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Kartu Kata, Keterampilan Membaca, Hasil Belajar dan Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BEHUKU, IRMANIM.20081007
Kasiahe, Evi Martika D.NIDN.0914039302
Tiwow, Deiby N.F.NIDN.0908049101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:49
Last Modified: 04 Jul 2025 06:01
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item