BEHUKU, IRMA and Kasiahe, Evi Martika D. and Tiwow, Deiby N.F. (2024) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS MAUMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
| ![[img]](https://repo.unikadelasalle.ac.id/style/images/fileicons/other.png) | PDF COVER-DAFTAR_ISI_IrmaBehuku.pdf Download (999kB) | 
| ![[img]](https://repo.unikadelasalle.ac.id/style/images/fileicons/other.png) | PDF ABSTRAK_IrmaBehuku.pdf Download (457kB) | 
| ![[img]](https://repo.unikadelasalle.ac.id/style/images/fileicons/other.png) | PDF BAB_I-LAMPIRAN_IrmaBehuku.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan hasil belajar menggunakan media kartu kata pada siswa kelas I SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus dengan subjek sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Pada siklus I keterampilan membaca permulaan terdapat 2 siswa yang memperoleh kategori sangat baik, 10 siswa memperoleh kategori baik, 4 siswa memperoleh kategori cukup dan 10 siswa memperoleh kategori kurang. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 9 siswa memperoleh kategori sangat baik, 12 siswa memperoleh kategori baik, 2 siswa memperoleh kategori cukup, dan 3 siswa memperoleh kategori kurang. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada pencapaian ketuntasan yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata pra siklus yaitu 61 dengan persentase 38%. Setelah pelaksanaan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 63 dengan persentase kentutasan 50%. Dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 72 dengan persentase 80%. Adapula aktivitas siswa dan guru pada siklus I diperoleh 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 88%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 77% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas I SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Dengan demikian, dapat dijadikan bahan rekomendasi kepada pihak sekolah dan guru untuk dapat menggunakan media kartu kata dalam pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Kartu Kata, Keterampilan Membaca, Hasil Belajar dan Bahasa Indonesia
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: | 
 | ||||||||
| Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
| Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
| Date Deposited: | 04 Jul 2025 05:49 | ||||||||
| Last Modified: | 04 Jul 2025 06:01 | ||||||||
| URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4110 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
