Bugaleng, Ema Rosina and Lomban, Edino Ayub and Mangundap, Jelvi Monica (2024) PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III SD GMIM 11 MANADO. Skripsi thesis, Universitas Katolik De La Salle Manado.
![]() |
PDF
COVER_EmaBugaleng.pdf Download (26kB) |
![]() |
PDF
ABSTRAK_EmaBugaleng.pdf Download (16kB) |
![]() |
PDF
PENGHARGAAN_DAN_UCAPAN_TERIMA_KASIH-DAFTAR_ISI_EmaBugaleng.pdf Download (187kB) |
![]() |
PDF
BAB_I-LAMPIRAN_EmaBugaleng.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SD GMIM 11 Manado melalui penerapan media diorama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam Penelitian ini berjumlah 32 siswa. Sumber data penelitian yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan Media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SD GMIM 11 Manado. Dapat dilihat dari pra siklus, pencapaian ketuntasan dengan persentase 26%, mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase 47%, dan pada siklus II mengalami peningkatan signifikan dengan persentase 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SD GMIM 11 Manado.
Kata Kunci: Media Diorama, Hasil Belajar, PKn
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:49 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:49 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |