PENERAPAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK IDENTIFIKASI LAYANAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Rumondor, Axl Marselino and Wikarsa, Liza and Sumampouw, Michael Goerge (2023) PENERAPAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK IDENTIFIKASI LAYANAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_AxlRumondor.pdf

Download (675kB)
[img] PDF
ABSTRAK_AxlRumondor.pdf

Download (10kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_AxlRumondor.pdf

Download (227kB)
[img] PDF
BAB_I_AxlRumondor.pdf

Download (28kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_AxlRumondor.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran adalah serangkaian kegiatan dan interaksi yang terjadi saat individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, atau pemahaman baru melalui berbagai cara. Respons dan umpan balik dalam konteks kelas, pengalaman praktis, atau sumber belajar lainnya menjadi bagian integral dari proses ini. Untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran, identifikasi atribut layanan perlu dilakukan. Kategori Layanan mencakup aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas dan pengalaman pengguna.
Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, dan mengevaluasi tingkat kepentingan dan kinerja komponen dalam suatu sistem atau organisasi. Dalam konteks pendidikan, IPA membantu menentukan faktor-faktor krusial untuk mencapai tujuan tertentu. Studi ini mengusulkan aplikasi berbasis web, yakni Aplikasi Penerapan Metode Importance Performance Analysis, untuk digitalisasi proses identifikasi atribut layanan dalam pembelajaran di Fakultas Teknik Universitas Katolik De La Salle Manado.
Proses identifikasi layanan saat ini dilakukan secara manual dan melibatkan beberapa pihak di fakultas. Aplikasi ini dirancang untuk digunakan oleh UPMF, Dekan Fakultas Teknik, dan Kepala Program Studi. Dengan menggunakan metode IPA, aplikasi ini membantu pengambil keputusan dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Solusi ini mengatasi masalah pengolahan data yang rumit dan memberikan kemudahan dalam menyusun laporan proses pembelajaran setiap semester.

Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Kualitas Pendidikan, Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rumondor, Axl MarselinoNIM.19013113
Wikarsa, LizaNIDN.0912047902
Sumampouw, Michael GoergeNIDN.0926108801
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:21
Last Modified: 03 Dec 2024 03:21
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item