PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DI SD KATOLIK 04 ST. YOHANES MANADO

WUISANG, YUMIKO STEPHANIE and Lomban, Edino Ayub and Wongkar, Veronica Yonita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DI SD KATOLIK 04 ST. YOHANES MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-MOTTO_YumikoWaisang.pdf

Download (381kB)
[img] PDF
ABSTRAK_YumikoWaisang.pdf

Download (99kB)
[img] PDF
PENGHARGAAN_DAN_UCAPAN_TERIMA_KASIH-DAFTAR_ISI_YumikoWaisang.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
BAB_I_YumikoWaisang.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_YumikoWaisang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Katolik 04 St. Yohanes Manado, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dilaksanakan beberapat tahap yakni Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II, subjek penelitian ini siswa – siswi kelas IV yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw sebagai model pembelajaran hasil belajar siswa kelas IV mata pata pelajaran Pendidikan Pancasila mengalami peningkatan. Pada tahap Prasiklus 37%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 72%, siklus II mengalami peningkatan lagi sebanyak 84%

Kata Kunci:Jigsaw, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WUISANG, YUMIKO STEPHANIENIM.19081029
Lomban, Edino AyubNIDN.0911117502
Wongkar, Veronica YonitaNIDN.0907077710
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:32
Last Modified: 24 Sep 2024 07:32
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item