HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM GUNUNG MARIA TOMOHON

TINGGOGOY, JULITA TRULLY and Kerangan, Johanis and Budiawan, Helly (2022) HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM GUNUNG MARIA TOMOHON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_JulitaTinggogoy.pdf

Download (418kB)
[img] PDF
ABSTRAK_JulitaTinggogoy.pdf

Download (246kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_JulitaTinggogoy.pdf

Download (104kB)
[img] PDF
BAB_I_JulitaTinggogoy.pdf

Download (153kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_JulitaTinggogoy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu palayanan yang diberikan suatu rumah sakit. Jadi dapat diartikan bahwa kepuasan pasien adalah penilaian yang mereka dapatkan dari pelayanan yang diberikan oleh petugas di rumah sakit, jika pelayanan yang mereka dapatkan berdasarkan dengan yang harapan pasien, maka kemungkinan besar pasien akan datang kembali, namun jika pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan pasien, maka kemungkinan juga pasien tidak akan kembali lagi.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan respon time dengan kepuasan pasien di IGD RS Gunung Maria Tomohon.
Metode : Penelitian kuantitatif desain penelitian menggunakan deskriptif statistik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien dirawat inap masuk melalui IGD RS Gunung Maria Tomohonpada tgl 29 Juni 2022 s/d tgl 12 Juli 2022. Teknik pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling.Pengambilan data menggunakan lembar observasi rekam medik pasien dan kuesioner kepuasan pasien
Hasil : Hasil analisis menggunakan uji statistic chi-square. Hasil analisa univariat respon time lambat 85 orang (65.4) dan respon time cepat 45 orang (34.6). Kuesioner kepuasan pasien tidak puas 79 orang (60.8) dan puas 51 (39.2). Didapati hasil signifikan kepuasan pasien dengan P-Value 0,000 (p-value <0,05).
Kesimpulan : Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan respon time dengan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Umum Gunung Maria Tomohon
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Respon Time

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TINGGOGOY, JULITA TRULLYNIM.20161070
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Budiawan, HellyNIDN.0928098703
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:45
Last Modified: 10 Sep 2024 04:45
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item