Analisis Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Terhadap Pelanggan Restoran Cepat Saji (Studi kasus : Kentucky Fried Chicken (KFC) Mega Mall Manado)

Tunena, Ekklesia Monica and Opit, Prudensy Febreine and Rottie, Ronaldo Ferdy Ignatius (2023) Analisis Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Terhadap Pelanggan Restoran Cepat Saji (Studi kasus : Kentucky Fried Chicken (KFC) Mega Mall Manado). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_EkklesiaTunena.pdf

Download (330kB)
[img] PDF
ABSTRAK_EkklesiaTunena.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_EkklesiaTunena.pdf

Download (163kB)
[img] PDF
BAB_I_EkklesiaTunena.pdf

Download (172kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_EkklesiaTunena.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Untuk memberikan customer experience yang positif, industri makanan dan minuman membutuhkan sistem antrian yang efektif. Salah satu restoran cepat saji yang paling banyak diminati di pusat perbelanjaan adalah KFC Mega Mall Manado, dengan rata-rata antrean rata-rata 2 menit. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja sistem antrian dengan mempertimbangkan utilitas sibuk di tiga kasir dan memberikan proposal skenario terbaik untuk melakukan analisis simulasi sistem antrian di KFC Mega Mall Manado. Pengujian jenis sebaran data, keacakan, dan kecukupan data semuanya akan dilakukan sebagai bagian dari pengolahan data penelitian ini. Perangkat lunak ProModel akan digunakan dalam simulasi untuk membantu mendeskripsikan dan menganalisis sistem antrian yang ada setelah data diuji.
Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data historis mengenai waktu kedatangan dan waktu pelayanan pada kasir dari KFC Mega Mall Manado. Penulis melakukan pengumpulan data selama 12 hari dengan lama waktu pengambilan jam 11:00 - 14:00 WITA. Data ini kemudian dimanfaatkan untuk membangun model simulasi sistem nyata per satu jam yaitu pada jam 11:00 – 12:00, jam 12:00 – 13:00, dan jam 13:00 – 14:00 WITA dan masing-masing dibuatkan 2 skenario sebagai pembanding dengan mengubah beberapa parameter, seperti jumlah kasir yang tersedia dan waktu pelayanan rata-rata. Hasil simulasi sistem nyata pada jam 11:00-12:00 WITA didapat utilitas pada kasir 1 sebesar 33.44%, kasir 2 sebesar 39.92%, kasir 3 sebesar 51.42%, sedangkan skenario terbaik yaitu skenario 1 dengan pengurangan menjadi 2 kasir dengan hasil utilitas kesibukan pada kasir 1 sebesar 45.61% dan kasir 2 sebesar 46.40%.Hasil simulasi sistem nyata pada jam 12:00-13:00 WITA didapati utilitas kasir 1 48.13%, pada kasir 2 sebesar 84.35%, dan pada kasir 3 sebesar 67.60%, sedangkan skenario terbaik adalah skenario 2 dengan melakukan penambahan 1 kasir dengan hasil utilitas pada kasir 1 sebesar 37.83%, kasir 2 57.39%, kasir 3 67.56%, dan kasir 4 sebesar 48.63%. Hasil simulasi sistem nyata pada jam 13:00-14:00 WITA didapati utilitas kesibukan kasir 1 sebesar 56.72%, pada kasir 2 sebesar 67.81%, dan pada kasir 3 sebesar 69.04%, dengan skenario terbaik adalah skenario 2 dengan melakukan penambahan 1 kasir dan hasil utilitas kesibukan pada kasir 1 adalah 46.48%, kasir 2 sebesar 56.37%, kasir 3 sebesar 59.90%, dan kasir 4 sebesar 53.37.90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada jam 12:00-14:00 WITA dilakukan penambahan menjadi 4 kasir dan pengurangan menjadi 2 daripada jam 11:00-12:00 WITA.
Kata Kunci : Antrian, Simulasi,Promodel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tunena, Ekklesia MonicaNIM.19012015
Opit, Prudensy FebreineNIDN.0915028201
Rottie, Ronaldo Ferdy IgnatiusNIDN.0911028804
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:58
Last Modified: 16 Jul 2024 02:58
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item