PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS II SD KATOLIK 17 ST. TARSISIUS MANADO

TULUS, CHRISTALIA CALSY and Mandolang, Eunike and Mangundap, Jelvi Monica (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS II SD KATOLIK 17 ST. TARSISIUS MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-MOTTO_ChristaliaTulus.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
ABSTRAK_ChristaliaTulus.pdf

Download (10kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_ChristaliaTulus.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
BAB_I_ChristaliaTulus.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_ChristaliaTulus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Model Pembelajaranan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas II SD Katolik 17 St. Tarsisius Manado. Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas II SD katolik St. Tarsisius Manado?. Tujuan penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas II SD katolik St. Tarsisius Manado. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak 29 siswa yang telah diketahui melalui wawancara awal dengan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan tentang nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) deksripsi lokasi penelitian, (2) hasil penelitian, dan (3) pembahasan mengenai perbandingan hasil nilai pretest, siklus I, siklus II, dikelas II SD Katolik 17 St. Tarsisius Manado.

Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, PPKn,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TULUS, CHRISTALIA CALSYNIM.19081027
Mandolang, EunikeNIDN.0925019201
Mangundap, Jelvi MonicaNIDN.0923078704
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:00
Last Modified: 25 Jun 2024 07:00
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item