ANALISIS TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LAYANAN BIRO KEUANGAN UKDLSM MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA

Kandow, Stevanny and Adrian, Angelia Melani and Sumampouw, Michael Goerge (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LAYANAN BIRO KEUANGAN UKDLSM MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_StevannyKandow.pdf

Download (496kB)
[img] PDF
ABSTRAK_StevannyKandow.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_StevannyKandow.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
BAB_I_StevannyKandow.pdf

Download (164kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_StevannyKandow.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Universitas Katolik De La Salle Manado (UKDLSM) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Sulawesi Utara. UKDLSM didirikan pada tahun 2000 yang berlokasi di Kairagi I, Kombos, Kota Manado, Sulawesi Utara. Terdapat 7 fakultas serta 13 program studi. Selain itu UKDLSM memiliki biro yang membantu dalam tugas dan tanggung jawab, salah satunya adalah Biro Keuangan UKDLSM. Biro Keuangan UKDLSM merupakan biro yang bertugas untuk menangani administrasi terkait keuangan seluruh mahasiswa UKDLSM.

Saat ini Biro Keuangan UKDLSM telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Tetapi seringkali kinerja dari Biro Keuangan UKDLSM tidak mendapat penilaian dari mahasiswa aktif UKDLSM. Hal ini disebabkan karena belum ada aplikasi untuk mengetahui tingkat kepuasan dari mahasiswa terhadap pelayanan Biro Keuangan UKDLSM serta Biro Keuangan UKDLSM tidak dapat mengetahui apakah pelayannnya perlu ditingkatkan ataupun tetap dipertahankan pelayanannya.

Salah satu metode untuk menghitung persentase tingkat kepuasan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA). Nilai kepuasan dari metode IPA dibagi menjadi lima kriteria yaitu 0% - 20% tidak puas, >20% dan ≤ 40% kurang puas, >40% dan ≤ 60% cukup puas, >60% dan ≤ 80% puas, dan >81% - 100% sangat puas. Dengan mengimplementasikan metode IPA kedalam aplikasi, maka dapat diketahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Biro Keuangan UKDLSM dan dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan layanan apabila ditemukan ketidakpuasan dari mahasiswa UKDLSM. Bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam membangun aplikasi analisis tingkat kepuasan terhadap layanan Biro Keuangan UKDLSM adalah HTML, PHP, JavaScript, JQuery, dan CSS.

Sampel yang digunakan untuk aplikasi ini adalah mahasiswa aktif UKDSLM dari angkatan 2016 sampai angkatan 2022. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan pada aplikasi bahwa 91.88% mahasiswa merasa puas dengan kinerjanya. Namun terdapat beberapa atribut yang perlu ditingkatkan pelayanan, yang termasuk atribut ini adalah waktu pelayanan harus sesuai dengan aturan yakni jam 08-00- 16.00 WITA, kecuali jam istirahat 12.00-13.00 (A5), karyawan bisa memberikan solusi berdasarkan keluhan (A10), karyawan selalu memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami terkait dengan pembayaran cicilan, tunggakan, pelunasan, dan pembayaran lainnya (A11), serta karyawan harus melayani mahasiswa dengan sopan dan ramah (A13). Selanjutnya, atribut yang tetap dipertahankan pelayanannya adalah pelayanan pembayaran dilakukan secara cepat (A6).

Kata Kunci: Biro Keuangan UKDLSM, Importance Performance Analysis, Bahasa Pemrograman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kandow, StevannyNIM.18013047
Adrian, Angelia MelaniNIDN.0931058401
Sumampouw, Michael GoergeNIDN.0926108801
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:41
Last Modified: 12 Jun 2024 01:41
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item