GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS ENEMAWIRA KECAMATAN TABUKAN UTARA

JANIS, SRI PORINSIA and Ake, Julianus and Ratuliu, Gladis (2016) GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS ENEMAWIRA KECAMATAN TABUKAN UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img]
Preview
PDF
COVER-DAFTAR LAMPIRAN_SRI PORINSIA JANIS.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] PDF
BAB ISI-LAMPIRAN_SRI PORINSIA JANIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku caring perawat merupakan bentuk pelayanan keperawatan antara perawat dan pasien yang terjalin harmonis dan sangat berpengaruh terhadap mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Enemawira Kecamatan Tabukan Utara. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini yaitu pasien yang di rawat inap di Puskesmas Enemawira Kecamatan Tabukan Utara yang berjumlah 34 orang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukan perilaku caring perawat paling banyak adalah dengan perilaku baik sebanyak 28 orang (75,7%) dengan tingkat kepuasan pasien paling banyak adalah responden merasa puas sebanyak 27 orang (73%) dan responden yang tidak merasa puas hanya 1 orang (2,7%). Perilaku caring perawat yang kurangbaik sebanyak 9 orang (24,3%), dengan tingkat kepuasan pasien yang paling banyak adalah pasien tidak puas sebanyak 5 orang (13,5%) dan responden yang merasa puas hanya 4 orang (10,8%). Hasil yang diperoleh berdasarkan uji statistik chi square terdapat 2 cell yang memiliki nilai kurang dari 5 sehingga digunakan uji alternative Fisher’s Exact Test dengan nilai ρ =0,002 dengan demikian nilai ρ lebih kecil dari α (0,05), sehingga membuktikan bahwa ada hubungan bermakna antara perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien.Semakin baik perawat melayani seorang pasien maka tingkat penerimaan dan kepuasan pasien akan semakin baik pula.

Kata kunci : Perilaku Caring, Kepuasan Pasien
Kepustakaan : 22 Literatur (2006-2015)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JANIS, SRI PORINSIANIM.12061122
Ake, JulianusUNSPECIFIED
Ratuliu, GladisNIDN.0910058502
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:07
Last Modified: 12 Feb 2020 01:07
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item