DAMPAK STATUS GIZI DAN AKTIVITAS BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DI SD GMIM 163 KAYAWU KECAMATAN TOMOHON UTARA KOTA TOMOHON

SENDOW, AGATHA CHRISTIE MEYTA and Rakinaung, Nathalia Elisa and Sumenge, Dionysius (2016) DAMPAK STATUS GIZI DAN AKTIVITAS BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DI SD GMIM 163 KAYAWU KECAMATAN TOMOHON UTARA KOTA TOMOHON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img]
Preview
Text
Agatha Scriptsweet.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Capture.PNG

Download (55kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan adalah hal yang sangat berpengaruh bagi kesejahteraan anak dan bagi penurunan kemiskinan serta ketidaksetaraan. Namun menurut data UNICEF, diketahui bahwa masih banyak anak di dunia yang tidak mengenyam pendidikan (UNICEF, 2012). Sungguh memprihatinkan ketika ditemui 37% anak-anak di Indonesia memiliki status gizi yang buruk dan hasilnya anak-anak mengalami stunting. Ketika anak mengalami stunting itu akan menghambat belajar di sekolah. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan faktor status gizi dan aktivitas bermain terhadap prestasi belajar anak usia sekolah. Metode Penelitian : Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan sampel sebanyak 55 responden. Hasil Penelitian : Dalam penelitian ini diketahui bahwa anak yang berstatus gizi baik dan berprestasi baik sejumlah 24 responden (43,6%) dan status gizi tidak baik tapi berprestasi baik sebanyak 13 responden (23,6%). Yang memiliki intensitas bermain kurang dari 5 jam dan berprestasi baik sebanyak 16 responden (29,1%) dan yang memiliki intensitas bermain lebih dari sama dengan 5 jam dan berprestasi baik sebanyak 21 responden (38,2%). Dan hasil analisa data berdasarkan uji chi square diperoleh p-value 0,505 (α= 0,05) untuk status gizi dengan prestasi dan diperoleh p-value 0,268 (α= 0,05) untuk aktivitas bermain dengan prestasi belajar. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dan aktivitas bermain dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SD GMIM 163 Kayawu.

Kata Kunci : status gizi, aktivitas bermain, prestasi belajar.
Kepustakaan : 14 Buku (2007-2015) dan 14 Jurnal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SENDOW, AGATHA CHRISTIE MEYTANIM.12061067
Rakinaung, Nathalia ElisaNIDN.0910038703
Sumenge, DionysiusUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 30 May 2018 01:07
Last Modified: 27 Jan 2020 00:31
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item