Sengkey, Yudistira Carolus (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE EKPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD KATOLIK 07 XAVERIUS MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
![]() |
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_YudistiraSengkey.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
![]() |
PDF
ABSTRAK_YudistiraSengkey.pdf Download (21kB) |
![]() |
PDF
BAB_I-LAMPIRAN_YudistiraSengkey.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Katolik 07 Xaverius Manado dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran tipe Experiential Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran tipe Experiential Learning siswa kelas V di SD Katolik 07 Xaverius Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Katolik 07 Xaverius Manado dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara, dokumentasi dan pre-test. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan 5 penilaian dan menggunakan analisis hasil belajar siswa, analisis aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar IPA peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata yaiu 59. Jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 16 dengan persentase ketuntasan sebesar 47%. Pada siklus II, nilai rata-rata yaitu 77. Jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 30 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%. 2) hasil aktivitas siswa dan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 19 dengan persentase 76%. Aktivitas guru mencapai 58 dengan persentase 72%. Pada siklus II, aktivitas siswa mencapai 23 dengan persentase 92%. Aktivitas guru mencapai 76 dengan persentase 95%. Untuk saran dari penulis agar sekolah menerapkan model-model pembelajaran khususnya model pembelajaran tipe Experiential Learning.
Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Experiential Learning, IPA, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||
Date Deposited: | 07 Oct 2025 06:22 | ||||
Last Modified: | 07 Oct 2025 06:22 | ||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |