PILANDO, PRICILIA DEWI and Sobon, Kosmas and Mandolang, Eunike (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD KATOLIK 01 STA. THERESIA MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
![]() |
PDF
COVER-MOTTO_PriciliaPilando.pdf Download (290kB) |
![]() |
PDF
ABSTRAK_PriciliaPilando.pdf Download (22kB) |
![]() |
PDF
PENGHARGAAN_DAN_UCAPAN_TERIMA_KASIH-DAFTAR_ISI_PriciliaPilando.pdf Download (113kB) |
![]() |
PDF
BAB_I_PriciliaPilando.pdf Download (84kB) |
![]() |
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_PriciliaPilando.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban, melalui penerapan model pembelajaran model numbered head together di kelas IV SD Katolik 01 Sta Theresia Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Katolik 01 Sta Theresia Manado dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan menggunakan analisis hasil belajar siswa, analisis aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata yaitu 73. Jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 26 dengan persentase ketuntasan sebesar 65%. Pada siklus II, nilai rata-rata yaitu 85. Jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 36 dengan persentase ketuntasan sebesar 90%) hasil aktivitas siswa dan guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 39 dengan persentase 78%. Aktivitas guru mencapai 44 dengan persentase 88%. Pada siklus II, aktivitas siswa mencapai 47 dengan persentase 94%. Aktivitas guru mencapai 49 dengan persentase 98%. Guru direkomendasi untuk menerapkan model-model pembelajaran khususnya model Numbered Head Together.
Kata Kunci: Model NHT , Pendidikan Pancasila, Hak dan Kewajiban, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 00:43 | ||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 00:43 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |