EVALUASI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UKDLSM DENGAN IPA DAN FTA

Tipal, Elsa and Raton, Yulius Christian and Tumewu, Tryadi Wilhelmus (2021) EVALUASI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UKDLSM DENGAN IPA DAN FTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_ElsaTipal.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
ABSTRAK_ElsaTipal.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_ElsaTipal.pdf

Download (351kB)
[img] PDF
BAB_IN_ElsaTipal.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_ElsaTipal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 mempengaruhi proses belajar mengajar secara umum yang dirasakan oleh mahasiswa dan dosen dimana tidak adanya persiapan kurikulum yang tepat mengikuti keadaan sekarang ini. Perubahan ini membawa pengaruh besar terhadap kualitas lulusan yang akan dihasilkan di masa yang akan datang. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian Evaluasi dan Strategi Pengembangan Kurikulum Program Studi Teknik Industri melalui pengumpulan data alumni lewat penyebaran kuesioner kemudian diolah menggunakan metode IPA dan metode FTA.
Kuesioner yang disebarkan memiliki 2 sasaran responden yakni Alumni yang telah bekerja dan Pengguna Lulusan di mana alumni bekerja. Data responden yang di dapatkan kemudian diolah menggunakan metode IPA di mana hasil IKP (Indeks Kepuasan Pelanggan) yang didapatkan 10 Kategori Kepuasan A (Sangat Baik), 4 Kategori Kepuasan B (Baik), dan 4 Kategori Kepuasan C (Cukup). Artinya pengguna jasa memberi penilaian bahwa kinerja alumni rata-rata di kategorikan Baik. Dalam analisis menggunakan Diagram Kartesius terdapat dimensi A6 (communication) pada Kuadran A (Concentrate Here) yang dianggap penting oleh pengguna jasa tetapi lulusan memberikan pelayanan (kinerja) buruk. Oleh karena itu, UKDLSM perlu melakukan perbaikan kualitas mahasiswa dalam hal communication. Kemudian hasil analisis pada metode IPA di lanjutkan ke metode FTA dimana Dimensi A6 (communication) di mana Top Event dalam pohon kesalahan adalah communication dengan analisis pencarian penyebab terjadinya top event yang terdapat 2 input penyebab yakni Mata Kuliah dan Karakter/ Sifat Mahasiswa.

Kata Kunci : Kurikulum, Metode FTA dan IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tipal, ElsaNIM.18112029
Raton, Yulius ChristianNIDN.0409077102
Tumewu, Tryadi WilhelmusNIDN.0904058801
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:13
Last Modified: 20 Feb 2025 03:13
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item View Item