PENGARUH PERMAINAN FLASH CARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI TK TUNAS PANIKI KECAMATAN SIAU BARAT

KASALUHE, CENDY ELFIRA and Ponidjan, Tati S. and Sumilat, Vervando Janter (2023) PENGARUH PERMAINAN FLASH CARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI TK TUNAS PANIKI KECAMATAN SIAU BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_CendyKasaluhe.pdf

Download (599kB)
[img] PDF
ABSTAK_CendyKasaluhe.pdf

Download (92kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_CendyKasaluhe.pdf

Download (20kB)
[img] PDF
BAB_I_CendyKasaluhe.pdf

Download (153kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_CendyKasaluhe.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Keterlambatan bahasa pada anak di awal perkembangan dapat mempengaruhi berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, itu juga bisa mempengaruhi kehidupan sosial pribadi yang menyebabkan kesulitan belajar, bahkan mungkin menghambat saat bekerja nanti. Intervensi dan Identifikasi dini dapat mencegah gangguan perkembangan bahasa pada anak. Oleh karena itu, jika gangguan bicara dan bahasa anak tidak ditangani dengan segera dan tepat maka akan terjadi gangguan membaca, berbicara, berperilaku, penyesuaian psikososial, dan belajar mereka akan memburuk.
Tujuan : untuk mengetahui pengaruh permainan menggunakan Flash card terhadap perkembangan Bahasa anak prasekolah di TK Tunas Paniki Kecamatan Siau Barat
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen tanpa adanya kelompok control (one group pretest-post test design). Penelitian quasi eksperimen ialah penelitian yang digunakan untuk mengkaji variabel bebas sebelum dan sesudah dilakukan eksperimen terhadap variabel terikat. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa dan siswi TK Tunas Paniki Kecamatan Siau Barat yang berjumlah 37 orang. Waktu penelitian bulan April-Juli 2023
Hasil : Didapatkan hasil p value 0,000 (p value<0,05) sehingga dapat dinyatakan jika Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat diartikan bahwa ada perbedaan tingkat perkembangan bahasa sebelum dan sesudah dilakukan permainan Flash Card di TK Tunas Paniki Kecamatan Siau Barat.
Kesimpulan : dapat disimpulkan bahwa permainan Flash Card memiliki pengaruh terhadap perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK Tunas Paniki Kecamatan Siau Barat.

Kata Kunci : Perkembangan Bahasa, Flash Card, Anak Prasekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KASALUHE, CENDY ELFIRANIM.19061077
Ponidjan, Tati S.UNSPECIFIED
Sumilat, Vervando JanterNIDN.0927059103
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:17
Last Modified: 09 Dec 2024 03:17
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item