PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHAN WOLOAN III TOMOHON BARAT KOTA TOMOHON

RUNTU, AULERIA MELANIA and Langelo, Wahyuny and Lumintang, Cyntia Theresia (2023) PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHAN WOLOAN III TOMOHON BARAT KOTA TOMOHON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_AuleriaRuntu.pdf

Download (401kB)
[img] PDF
ABSTRAK_AuleriaRuntu.pdf

Download (299kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_AuleriaRuntu.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
BAB_I_AuleriaRuntu.pdf

Download (154kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_AuleriaRuntu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan anak merupakan kemampuan yang terjadi pada fungsi dan struktur tubuh dimana akan membentuk suatu kemampuan dalam gerak halus, kasar, sosialisasi, kemandirian, serta kemampuan dalam berbicara. Keterlambatan perkembangan terjadi karena adanya faktor usia karena usia cenderung mengalami perkembangan yang terlambat diakibatkan oleh sistem saraf yang terganggu sehingga otot-otot pada tubuh menjadi terhambat maka terjadi keterlambatan perkembangan terhadap motorik anak dan adapun juga kelainan yang terjadi di spina bifida atau sumsum tulang belakang yang dimana akan mengalami perkembangan motorik yang terlambat.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di Kelurahan Woloan III
Metode : Penelitian yang digunakan adalah rancangan Pra-eksperimen dengan pendekatan (one group pretest-post test design). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Woloan III Tomohon Barat Kota Tomohon. Populasi adalah anak prasekolah yang berusia 3-5 tahun dengan sampel yang diambil sebanyak 30 anak. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil : Hasil statistik mengenai pengaruh terapi bermain puzzle pada kelompok intervensi memperoleh nilai mean = 15.50, Z = -4,804, p = 0.000 .
Kesimpulan : Terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah yang dimana sebelum dan sesudah dilakukan intervensi terdapat anak yang mampu melakukan tugas perkembangan motorik halus secara mandiri yaitu mampu menggambar, menyalin angka dan kata.
Kata Kunci : Motorik Halus, Keterlambatan Perkembangan
Kepustakaan: 9 Buku dan 13Jurnal (2018-2022).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RUNTU, AULERIA MELANIANIM.21161087
Langelo, WahyunyNIDN.0923068401
Lumintang, Cyntia TheresiaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 05 Dec 2024 02:11
Last Modified: 05 Dec 2024 02:11
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item