PENGARUH PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KELOMPOK TANI HORTIKULTURA DI KECAMATAN TOMOHON TIMUR

PANGEMANAN, FERNANDA GENOVEVA and Pontoan, Keren A. and Paendong, Stella M. P. (2024) PENGARUH PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KELOMPOK TANI HORTIKULTURA DI KECAMATAN TOMOHON TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_FernandaPengemanan.pdf

Download (231kB)
[img] PDF
ABSTRAK_FernandaPengemanan.pdf

Download (13kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_FernandaPengemanan.pdf

Download (276kB)
[img] PDF
BAB_I_FernandaPengemanan.pdf

Download (17kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_FernandaPengemanan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyuluh pertanian merupakan salah satu pilar dalam Pembangunan pertanian di Indonesia. Penyuluh pertanian diwujudkan sebagai layanan pemerintah dalam menyediahkan sarana pendidikan, konsultasi, pelatihan bagi petani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh pelayanan penyuluh pertanian terhadap tingkat kepuasan kelompok tani hortikultura di kecamatan Tomohon Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data skala likert dan regresi linear berganda. Responden dalam penelitian ini berjumlah 33 kelompok tani yang ada di kecamatan Tomohon Timur. Variabel independent dalam penelitian ini adalah berwujud (tangible), keandalan (reability), kesigapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan variabel dependent yaitu tingkat kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya uji asumsi klasik yang tidak terpenuhi, sehingga perlu dilakukan perbaikkan dalam model regresi dengan menghapus variabel keandalan (reability), kesigapan (responsiveness). Setelah dilakukan pengujian ulang hasil yang diperoleh adalah variabel berwujud (tangible) memiliki koefisien regresi negatif sehingga mengidentifikasikan ketika terjadi peningkatan aspek fisik yaitu sarana-prasarana, maka tingkat kepuasan kelompok tani cenderung menurun. Sementara variabel jaminan (assurance) dan empati (emphaty) memiliki pengaruh yang positif. Artinya apabila terjadi peningkatan pada variabel jaminan (assurance) yaitu kredibilitas, keahlian dan rasa aman maka akan meningkatkan tingkat kepuasan kelompok tani hortikultura dan apabila terjadi peningkatan aspek empati (emphaty) yaitu kepedulian serta kemampuan penyuluh pertanian memahami kondisi kelompok tani maka akan meningkatkan tingkat kepuasan kelompok tani. Nilai koefisien determinasi dari variabel berwujud (tangible), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) 83,8% berpengaruh terhadap variabel tingkat kepuasan, sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar model.

Kata Kunci : Pelayanan, Penyuluh Pertanian, Tingkat Kepuasan, Regresi Linear Berganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PANGEMANAN, FERNANDA GENOVEVANIM.20021005
Pontoan, Keren A.UNSPECIFIED
Paendong, Stella M. P.NIDN.0915088301
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:44
Last Modified: 28 Nov 2024 02:44
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item