PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN RESUSITASI JANTUNG PARU PADA SISWA DI SMK 6 MANADO

RUGIAN, MIRANDA and Kerangan, Johanis and Sumilat, Vervando Janter (2023) PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN RESUSITASI JANTUNG PARU PADA SISWA DI SMK 6 MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_MirandaRugian.pdf

Download (351kB)
[img] PDF
ABSTRAK_MirandaRugian.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_MirandaRugian.pdf

Download (214kB)
[img] PDF
BAB_I_MirandaRugian.pdf

Download (103kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_MirandaRugian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Henti jantung merupakan penyebab utama kematian yang umum terjadi, namun banyak orang yang tidak menyadari tanda dan gejala henti jantung. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan atau kegagalan untuk meminta bantuan darurat saat memulai Resusitasi Jantung Paru (RJP). Menyelamatkan bukan hanya tentang pengetahuan yang harus diketahui, tetapi dengan cara yang tepat. Mengajarkan RJP kepada remaja juga dapat meningkatkan keterampilan dan membantu menciptakan masyarakat dimana saling membantu.
Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi dengan metode Peer Group terhadap pengetahuan dan keterampilan resusitasi jantung paru pada siswa di SMK 6 Manado.
Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi experimental dengan kelompok kontrol (non-equivalent control group design). Kelompok intervensi diberikan edukasi resusitasi jantung paru dengan metode peer group sedangkan kelompok kontrol akan diberikan edukasi resusitasi jantung paru melalui leaflet dengan masing-masing kelompok berjumlah 20 siswa. Alat pengumpulan data akan menggunakan kuisioner pengetahuan dan lembar observasi terkait resusitasi jantung paru. Waktu penelitian Februari- Agustus 2023.
Hasil: Hasil Uji Wilcoxon pengetahuan sebelum dan setelah intervensi pada kelompok intervensi (p value 0,000) dan kelompok kontrol (p value 0,075), sedangkan pada hasil keterampilan kelompok intervensi (p value 0,008) dan kelompok kontrol (p value 1,000). Berdasarkan hasil Uji MannWhitney, pengetahuan siswa menunjukan p value 0,000, sedangkan pada keterampilan p value 0,004. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan signifikan edukasi kesehatan metode Peer Group terhadap pengetahuan dan keterampilan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang resusitasi jantung paru pada siswa.
Kesimpulan: Pemberian edukasi tentang resusitasi jantung paru dengan metode peer group berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Diharapkan siswa dapat melanjutkan pemberian edukasi resusitasi jantung paru ini kepada teman lain dengan menggunakan metode peer group.
Kata Kunci: Resusitasi Jantung Paru, Edukasi, Peer Group, pengetahuan, Keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RUGIAN, MIRANDANIM.19061042
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Sumilat, Vervando JanterNIDN.0927059103
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 25 Nov 2024 05:35
Last Modified: 25 Nov 2024 05:35
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item