ANALISIS KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN BINA MARGA (Studi Kasus : Jalan Yos Sudarso Manado 0+000 – 2+500)

LEMBO, YOFISCRIL and Raton, Yulius Christian and Rumambi, Ramon Charles (2022) ANALISIS KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN BINA MARGA (Studi Kasus : Jalan Yos Sudarso Manado 0+000 – 2+500). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_YofiscrilLembo.pdf

Download (741kB)
[img] PDF
ABSTRAK_YofiscrilLembo.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_YofiscrilLembo.pdf

Download (160kB)
[img] PDF
BAB_I_YofiscrilLembo.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_YofiscrilLembo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jalan merupakan suatu sarana bagi transportasi untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Jalan memiliki tipe dan karaketeristik sehingga perlu dilihat kondisi pada ruas jalan. Kondisi nilai jalan bisa dinilai dengan menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan nilai dari kondisi jalan tersebut dan bagaimana jenis pemeliharaan yang tepat.
Metode dalam pemeliharaan jalan yang digunakan pada ruas jalan Yos Sudarso dalam penelitian menggunakan metode Surface Distress Index (SDI) dan Metode Bina Marga. Analisa perhitungan dengan metode SDI yaitu dengan melihat empat jenis kerusakan (Retak, Lebar retak, jumlah lubang dan bekas roda), sedangkan analisa perhitungan dengan menggunakan metode Bina Marga yaitu dengan melihat enam jenis kerusakan (retak-retak, kekasaran permukaan, alur, tambalan dan lubang,serta amblas).
Hasil analisa data dari kedua data tersebut diolah dalam excel untuk mendapatkan nilai dari kondisi permukaan jalan dan nilai kelas jalan. Untuk hasil nilai SDI pada STA 1+300 mendapatkan nilai SDI 95 dengan nilai SDI tertinggi dan kondisi Sedang. Untuk evaluasi kondisi permukaan jalan dengan kondisi baik ada 2000 m dengan nilai prensentase 80,77%, kondisi sedang ada 500 m dengan nilai presentase 19,23%, untuk rusak ringan dan rusak berat tidak ada, kondisi dari kemantapan jalan yaitu 100% dengan metode SDI. Sedangkan dengan Metode Bina Marga hasil 19 pemeliharaan rutin, 5 pemeliharaan berkala, dan 1 peningkatan jalan. Dari kedua metode diatas terdapat 1 perbedaan di STA 300 yang mana SDI mendapat hasil BAIK dan Bina Marga mendapat hasil Peningkatan Jalan.

Kata kunci: Survey Kondisi Jalan Dengan Metode Surface Distress Index (SDI) dan Metode Bina Marga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LEMBO, YOFISCRILNIM.18014026
Raton, Yulius ChristianNIDN.0409077102
Rumambi, Ramon CharlesNIDN.0927078503
Subjects: Teknik Sipil
UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:46
Last Modified: 25 Sep 2024 01:46
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item