PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PENANGANAN LUKA TERBUKA DENGAN METODE AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DI SMP NEGERI 1 TOMPASO

ERING, KURNIAWATI TANAYA and Rumampuk, M. Vonny H. and Budiawan, Helly (2023) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PENANGANAN LUKA TERBUKA DENGAN METODE AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DI SMP NEGERI 1 TOMPASO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_KurniawatiEring.pdf

Download (580kB)
[img] PDF
ABSTRAK_KurniawatiEring.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR_KurniawatiEring.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
BAB_I_KurniawatiEring.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_KurniawatiEring.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendahuluan: Luka terbuka sering terjadi pada anak-anak di sekolah, yang diakibatkan trauma saat bermain atau beraktifitas di sekolah. Walaupun sudah dilakukan penanganan oleh petugas Unit Kesehatan Sekolah (UKS), namun karena cara dan prosedurnya belum tepat sehingga berdampak pada proses penyembuhan yang menjadi lama dan bahkan pada beberapa kasus memerlukan tindakan lebih lanjut dipusat pelayanan kesehatan.
Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh pemberian edukasi dengan metode audio visual terhadap tingkat pengetahuan siswa dalam penanganan luka terbuka pada siswa SMP N 1 Tompaso.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperiment, one group pre test dan post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas IX di SMP N 1 Tompaso. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang diambil berdasarkan jumlah siswa pada saat itu yaitu 72 siswa kelas IX yang berada di SMP N 1 Tompaso
Hasil: Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon pada pengetahuan sebelum dan sesudah didapatkan p value 0,000 (< 0,05), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ditemukan keduanya ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang penanganan luka terbuka dengan metode audio visual terhadap tingkat pengetahuan siswa di SMP N 1 Tompaso.
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang penanganan luka terbuka dengan metode audio visual terhadap tingkat pengetahuan siswa di SMP N 1 Tompaso.

Kata Kunci: Edukasi, Penanganan Luka Terbuka, Audio Visual, Tingkat Pengetahuan, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ERING, KURNIAWATI TANAYANIM.19061044
Rumampuk, M. Vonny H.UNSPECIFIED
Budiawan, HellyNIDN.0928098703
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:30
Last Modified: 23 Sep 2024 02:30
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3713

Actions (login required)

View Item View Item