PERAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WISATAWAN DI PANTAI PULISAN

LUDONG, YESSY ANASTASIA and Ngenget, Stevanus and Semuel, Oktavianus Wayan (2023) PERAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WISATAWAN DI PANTAI PULISAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_YessyLudong.pdf

Download (530kB)
[img] PDF
ABSTRAK_YessyLudong.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_YessyLudong.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
BAB_I_YessyLudong.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_YessyLudong.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pariwisata merujuk pada mobilitas individu dari lokasi asalnya ke lokasi yang berbeda dalam jangka waktu yang terbatas, dengan tujuan yang tidak terkait dengan pekerjaan atau kegiatan produktif. Dalam kegiatan pariwisata peran masyarakat dan pemerintah memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap pelayanan yang diberikan kepada wisatwan yang berkunjung ke sebuah desatinasi pariwisata. Penelitian dengan judul “Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Wisatawan di Pantai Pulisan” memiliki rumusan masalah bagaimana peran masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan dan bagaimana peran pemerintah desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peran masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan sebagai berikut: Peran masyarkat dalam ikut serta berpartisipasi dalam mengikuti rapat, partisipasi dalam ikut serta berkontribusi dalam berbagai aktivitas untuk meningkatkan pengembangan desa dan membantu masyarakat, peran serta dalam meyumbangkan barang rakyat untuk berbagai kegiatan untuk mempromosikan pembangunan dalam bentuk pengetahuaan moneter, partisipasi keterampilan dalam melibatkan dan mempromosikan bentuk perdagangan atau industry lainnya, dan partisipasi sosial sebagai tanda komunitas. Dan hasil penelitian menunjukan peran pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan sebagai berikut: peran pemerintah desa sebagai pelaksana Kebijakan, peran pemerintah desa sebagai pelaksana program-program, dan peran pemerintah desa sebagai Pembina.

Kata kunci: Peran, masyarakat, pemerintah desa, pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LUDONG, YESSY ANASTASIANIM.19071004
Ngenget, StevanusNIDN.0917097602
Semuel, Oktavianus WayanNIDN.0931108702
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:14
Last Modified: 15 Jul 2024 03:14
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item View Item