LUDONG, YESSY ANASTASIA and Ngenget, Stevanus and Semuel, Oktavianus Wayan (2023) PERAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WISATAWAN DI PANTAI PULISAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_YessyLudong.pdf Download (530kB) |
|
PDF
ABSTRAK_YessyLudong.pdf Download (145kB) |
|
PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_YessyLudong.pdf Download (188kB) |
|
PDF
BAB_I_YessyLudong.pdf Download (175kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_YessyLudong.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pariwisata merujuk pada mobilitas individu dari lokasi asalnya ke lokasi yang berbeda dalam jangka waktu yang terbatas, dengan tujuan yang tidak terkait dengan pekerjaan atau kegiatan produktif. Dalam kegiatan pariwisata peran masyarakat dan pemerintah memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap pelayanan yang diberikan kepada wisatwan yang berkunjung ke sebuah desatinasi pariwisata. Penelitian dengan judul “Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Wisatawan di Pantai Pulisan” memiliki rumusan masalah bagaimana peran masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan dan bagaimana peran pemerintah desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peran masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan sebagai berikut: Peran masyarkat dalam ikut serta berpartisipasi dalam mengikuti rapat, partisipasi dalam ikut serta berkontribusi dalam berbagai aktivitas untuk meningkatkan pengembangan desa dan membantu masyarakat, peran serta dalam meyumbangkan barang rakyat untuk berbagai kegiatan untuk mempromosikan pembangunan dalam bentuk pengetahuaan moneter, partisipasi keterampilan dalam melibatkan dan mempromosikan bentuk perdagangan atau industry lainnya, dan partisipasi sosial sebagai tanda komunitas. Dan hasil penelitian menunjukan peran pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan di Pantai Pulisan sebagai berikut: peran pemerintah desa sebagai pelaksana Kebijakan, peran pemerintah desa sebagai pelaksana program-program, dan peran pemerintah desa sebagai Pembina.
Kata kunci: Peran, masyarakat, pemerintah desa, pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LA History of education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:14 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3610 |
Actions (login required)
View Item |