HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 MANGANITU SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

MANGANANG, APRISILIA DEBORA and Sepang, Mareyke Y. L. and Wetik, Syenshie Virgini (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 MANGANITU SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_AprisiliaManganang.pdf

Download (644kB)
[img] PDF
ABSTRAK_AprisiliaManganang.pdf

Download (233kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_AprisiliaManganang.pdf

Download (99kB)
[img] PDF
BAB_I_AprisiliaManganang.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_AprisiliaManganang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Pandemi Coronavirus Disease 19 (COVID-19) memberikan dampak yang cukup besar bagi dunia pendidikan diamana pembelajaran yang sebelumnya dengan sistem luring berubah menjadi daring sehingga terjadi penurunan motivasi belajar pada siswa maka dibutuhkan peran serta orangtua agar siswa mendapatkan dukungan sosial dan penguatan efikasi diri sesuai dengan perkembangannya.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi belajar dimasa pandemi COVID-19 pada siswa SMA Negeri 1 Manganitu Selatan.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain korelasional deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswa yang bersekolah di SMA Negeri 1 Manganitu Selatan dengan jumlah 88 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Waktu penelitian Februari – Agustus 2022.
Hasil: Melalui uji kolerasi non parametrik Spearman; Dukungan Sosial dengan Motivasi belajar menunjukan p Value = 0,016; efikasi diri dengan motivasi belajar menunjukan p Value = 0,008 yang menunjukan p Value = < 0,05 sehingga adanya hubungan yang signifikan antara variabel independen dan dependen.
Kesimpulan: Dukungan sosial berhubungan negatif dengan motivasi belajar dimana dukungan sosial yang baik akan meningkatkan motivasi belajar; efikasi diri berhubungan negatif dengan motivasi belajar dimana semakin tinggi efikasi diri maka akan meningkatkan motivasi belajar.
Kata Kunci: Dukungan sosial, Efikasi diri, Motivasi belajar, COVID-19, Siswa
Kepustakaan: 18 Buku tahun 2017 – 2022, 25 Jurnal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MANGANANG, APRISILIA DEBORANIM.18061008
Sepang, Mareyke Y. L.UNSPECIFIED
Wetik, Syenshie VirginiNIDN.0907098402
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:51
Last Modified: 15 Jul 2024 00:51
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item