SIMULASI SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS TIKALA BARU MANADO

Mamusung, Injilia Trifena and Opit, Prudensy Febreine and Tumewu, Tryadi Wilhelmus (2023) SIMULASI SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS TIKALA BARU MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_InjiliaMamusung.pdf

Download (253kB)
[img] PDF
ABSTRAK_InjiliaMamusung.pdf

Download (15kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_InjiliaMamusung.pdf

Download (116kB)
[img] PDF
BAB_I_InjiliaMamusung.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_InjiliaMamusung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fasilitas pelayanan kesehatan dengan pemeriksaan dan pemberian obat tanpa pungutan biaya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, namun kualitas pelayanan seperti kecepatan layanan dan sarana yang memadai berpengaruh terhadap keputusan pengunjung dalam menggunakan fasilitas tersebut. Antrian menjadi masalah utama pada kebanyakan fasilitas kesehatan umum, salah satunya Puskesmas Tikala Baru Manado. Sebagai satu-satunya fasilitas kesehatan umum yang melayani BPJS di wilayah Tikala dengan jangkauan pelayanan yang cukup luas menyebabkan antrian sering ditemukan pada fasilitas ini terutama pada jam sibuk. Untuk mengetahui kinerja sistem antrian di loket pendaftaran, poli umum, poli lansia, dan poli kia/kb dilakukan simulasi sistem antrian menggunakan software ProModel. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi apabila sistem antrian di Puskesmas Tikala Baru belum optimal dengan pembuatan skenario yang dapat mengurangi waktu tunggu dan mengoptimalkan tingkat kesibukan pada loket pendaftaran, poli umum, poli lansia, dan poli kia/kb. Dalam penelitian ini akan digunakan metode simulasi untuk memberikan solusi bagi pihak Puskesmas Tikala Baru dalam menentukan jumlah petugas ataupun dokter yang sebaiknya digunakan untuk mengurangi masalah antrian dan mengoptimalkan penggunaan server. Hasil running simulasi sistem nyata diperoleh rata-rata pasien yang terlayani pada periode sibuk sebanyak 40 orang, dengan rata-rata waktu tunggu 612.58 detik, tingkat kesibukan loket pendaftaran yaitu 95.69%, poli umum yaitu 53.86%, poli lansia yaitu 18.69 %, dan poli kia/kb yaitu 50.51%. Skenario terbaik yaitu skenario 2 dengan penggunaan 2 server di loket pendaftaran dan 1 server di poli lansia, karena dapat menambah jumlah pasien yang terlayani menjadi 54 orang, mengurangi rata-rata waktu tunggu menjadi 41.26 detik, mengurangi tingkat kesibukan loket pendaftaran menjadi 68.44%, dan meningkatkan utilitas poli lansia menjadi 67.67%.

Kata Kunci: Antrian, Puskesmas, Simulasi, Software ProModel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mamusung, Injilia TrifenaNIM.19012001
Opit, Prudensy FebreineNIDN.0915028201
Tumewu, Tryadi WilhelmusNIDN.0904058801
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:18
Last Modified: 15 Jul 2024 00:18
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item