REKOMENDASI MARKETPLACE UNTUK BELANJA ONLINE MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

KARAMOY, NIDYA PERMATA and Sitanayah, Lanny and Sanger, Junaidy Budi (2022) REKOMENDASI MARKETPLACE UNTUK BELANJA ONLINE MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_NidyaKaramoy.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
ABSTRAK__NidyaKaramoy.pdf

Download (76kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_NidyaKaramoy.pdf

Download (142kB)
[img] PDF
BAB_I_NidyaKaramoy.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_NidyaKaramoy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Belanja online menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, dengan banyaknya marketplace yang tersedia, pengguna sering kali kesulitan dalam memilih marketplace yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi rekomendasi marketplace untuk belanja online dengan metode Simple Additive Weigthing (SAW).
Metode SAW digunakan untuk memilih marketplace terbaik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang dipilih oleh pengguna. Kriteria yang digunakan pada tugas akhir ini meliputi keamanan, kualitas produk, dan kualitas layanan, persaingan harga, waktu pengiriman dan biaya. Data diperoleh dari survei yang telah dilakukan terhadap kurang lebih 100 responden yang pernah melakukan transaksi belanja secara online.
Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa rekomendasi yang dikembangkan dapat membantu pengguna dalam memilih marketplace yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dari 3 marketplace yang menjadi alternatif, marketplace Shopee merupakan yang memiliki nilai tertinggi sebesar 0,8373, sedangkan Tokopedia dan Lazada memiliki nilai yang lebih rendah yaitu 0,775 dan 0,733333.
Kesimpulannya, rekomendasi marketplace untuk belanja online dengan metode Simple Additive Weigthing (SAW) dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam memilih marketplace yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Untuk pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan untuk meningkatkan akurasi dan mempermudah proses pemasukkan data responden dan juga data kriteria dari tiap alternatif yang ada.

Kata kunci: Rekomendasi, Marketplace, Belanja Online, Simpple Additive Weighting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KARAMOY, NIDYA PERMATANIM.17013071
Sitanayah, LannyNIDN.0919048302
Sanger, Junaidy BudiNIDN. 0928068702
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 13 Jun 2024 05:17
Last Modified: 13 Jun 2024 05:17
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item