PAONGANAN, SULEMAN and Mangundap, Jelvi Monica and Tamboto, Fabyana Imelda (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES 01 PANIKI BAWAH MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_SulemanPaongana.pdf Download (374kB) |
|
PDF
ABSTRAK_SulemanPaongana.pdf Download (219kB) |
|
PDF
PENGHARGAAN_DAN_UCAPAN_TERIMA_KASIH-DAFTAR_ISI_SulemanPaongana.pdf Download (186kB) |
|
PDF
BAB_I_SulemanPaongana.pdf Download (175kB) |
|
PDF
BAB_II-DAFTAR_PUSTAKA_SulemanPaongana.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda hampir seluruh kehidupan di belahan dunia termasuk Indonesia dan melumpuhkan segala aspek kehidupan manusia.Pendidikan anakekolah dasar adalah salah satu sektor yang sangat terdampak. Untuk mengurangi angka penyebaran covid-19 dan menjamin terlaksananya proses pendidikan maka pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi angka penyebaran virus tersebut dengan menerapkan sistem pembelajaran daring sejak bulan Maret 2020. Pelaksanaan pembelajaran daring berlangsung dari jenjangsekolah dasar hingga pendidikan tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektivitas pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 di SD Inpres 01 Paniki Bawah kelas VA.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, motivasi, tindakan, dan lain-lain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Matematika di kelas VA masih belum berjalan secara optimal atau kurang efektif, karena adanya kendala-kendala seperti kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik, kurangnya penjelasan materi sebelum penugasan, gadgetkurang mendukung, kuota internet dan koneksi internet yang tidak kondusif di wilayah peserta didik,minimnya pengawasan dalam belajar. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik,guru harus kreatif dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi pembelajaran dan aplikasi-aplikasi yang menunjang pembelajaran. Untuk memperbaiki kualitas pembelajaran guru harus bisa merancang media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa dengan memanfaatkan teknologi yang ada berupa aplikasi-aplikasi pelaksanaan pembelajaran daring seperti Zoom, Rumah Belajar, Google Classroom dan Google Meet.Guru harus bisa menciptakan metode pembelajaran untuk menjelaskan materi agar mudah di mengerti dan di pahami oleh peserta didik.
Kata Kunci : Efektivitas Pembejaran Daring, Matematika, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:11 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 04:11 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3521 |
Actions (login required)
View Item |