Massie, Takeshi Shimamura and Manoppo, Fabian Johanes and Kafrain, I Gede Yohan (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN MOBIL PENUMPANG UMUM (MPU) PADA TRAYEK AIRMADIDI – PAAL DUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_TakeshiMassie.pdf Download (238kB) |
|
PDF
ABSTRAK_TakeshiMassie.pdf Download (55kB) |
|
PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_TakeshiMassie.pdf Download (164kB) |
|
PDF
BAB_I_TakeshiMassie.pdf Download (58kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_TakeshiMassie.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Transportasi memiliki tujuan untuk mengangkut barang atau manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya. Pada umumnya transportasi yang kita gunakan sehari-hari terbagi dua yaitu, transportasi pribadi dan transportasi umum. Seiring dengan perkembangan zaman, transportasi umum semakin meningkat untuk mengikuti kemajuan zaman. Kinerja mobil penumpang umum yang optimal menjadi harapan bagi semua pihak yang menggunakan angkutan umum. Pelayanan tersebut berupa kenyamanan, keselamatan, keamanan, keteraturan dan terjangkau.
Kinerja juga mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan. Seseorang akan merasa puas apabila kinerja terjadi sesuai atau melebihi harapannya. Oleh karena itu kepuasan pengguna menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan keberhasilan suatu perusahaan maupun instansi dalam mengoperasikan barang dan jasa.
Penelitian kinerja pelayanan mobil penumpang umum yang dilakukan berlokasi dari Minahasa Utara ke Kota Manado dengan trayek Airmadidi – Paal Dua. Dikarenakan belum pernah diadakan penelitian yang dilakukan pada trayek ini sebelumnya, maka penulis bermaksud untuk mencari tahu kinerja pelayanan mobil angkutan umum trayek tersebut apakah sudah sesuai dengan standarisasi yang ada.
Pada trayek Airmadidi – Paal Dua memiliki load factor yang sangat tinggi namun jumlah penumpang tidak mencukupi standar minimum SK Dirjen, hal ini disebabkan oleh jarak tempuh trayek terlalu panjang sehingga menyebabkan waktu sirkulasi terlalu panjang, maka MPU tidak bisa beroperasi banyak kali.
Dari hasil pengolahan yang dianalisa, dapat diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kinerja pelayanan mobil penumpang umum pada trayek Airmadidi – Paal Dua 62,5% memenuhi standar SK Dirjen No.687/AJ.206/DRJD/2002, dan tingkat kepuasan penumpang bernilai sebesar 76,80% atau berkategori baik.
Kata Kunci : Angkutan Umum, MPU, Kinerja Pelayanan Angkutan Umum, Kepuasan Penumpang Angkutan Umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Teknik Sipil UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 00:59 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 00:59 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3515 |
Actions (login required)
View Item |