JACOB, VANRENNES and Raton, Yulius Christian and Wantouw, Ferry (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN MOBIL PENUMPANG UMUM PADA TRAYEK TAHUNA – MANENTE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_VanrennesJacob.pdf Download (645kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_VanrennesJacob.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Transportasi merupakan sarana yang memfasilitasi perjalanan manusia dan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi darat memiliki peran penting dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu daerah dan mengatur arus lalu lintas. Pertumbuhan jumlah penduduk di suatu wilayah meningkatkan permintaan akan angkutan umum. Kinerja pelayanan mobil penumpang umum menjadi penting karena mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan layanan tersebut. Pelayanan yang optimal, seperti kenyamanan, keamanan, keselamatan, keteraturan, dan tarif yang terjangkau, diharapkan oleh masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka akan dilakukan penelitian untuk mengetahui Bagaimana kinerja pelayanan mobil penumpang umum berdasarkan SK Dirjen No.687/AJ.206/DRJD/2002 pada trayek Tahuna-Manente dan untuk mengetahui 2. Bagaimana tingkat kepuasan penumpang terhadap mobil penumpang umum pada trayek Tahuna – Manente.
Penelitian ini berlokasi di Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang dilakukan dalam kurun waktu selama 7 hari. penelitian dilakukan dengan cara melakukan survei mobil angkutan umum, yang beroperasi dari Tahuna sampai ke kelurahan manente dan kembali lagi ke Tahuna, dengan jarak 4,8 Km. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, mulai dari, mengumpulkan beberapa referensi seperti buku, jurnal, atau penelitian-penelitian terdahulu, melakukan survei lapangan dan melakukan pengolahan data dari semua data yang diperoleh. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Microsoft excel dan IBM SPSS Statistics 26 for windows.
Pada trayek Tahuna – Manente untuk waktu henti kendaraan terlalu lama dan tidak memenuhi standar SK Dirjen, hal ini disebabkan oleh karena jumlah menumpang yang sedikit, sehingga membuat MPU harus menunggu lebih lamah agar memiliki banyak penumpang. Karena sedikitnya jumlah penumpang mengakibatkan load factor pada trayek tersebut kurang dari standar yang ditentukan oleh SK Dirjen. Dalam analisis kepuasan penumpang diperoleh hasil untuk tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan MPU untuk Pertanyaan nomor 1 persentase kepuasan 82,37%, pernyataan nomor 2 memiliki persentase kepuasan 83,13%, pernyataan nomor 3 memiliki persentase kepuasan 77,82%, pernyataan nomor 4 memiliki persentase kepuasan 70,71%, dan pernyataan nomor 5 memiliki persentase kepuasan 60,79%.
Dari hasil analisis dan pengolahan data, diperoleh hasil bahwa tingkat kinerja pelayanan mobil penumpang umum pada trayek Tahuna – Manente yang memenuhi ada 4 kategori dan 4 kategori yang tidak memenuhi dari standar SK Dirjen No.687/AJ.206/DRJD/2002 dan Tingkat kepuasan penumpang mobil penumpang umum pada trayek Tahuna - Manente sebesar 74,96% atau berkategori baik
Kata Kunci : Angkutan Umum, MPU, Kinerja Pelayanan Angkutan Umum, Kepuasan Penumpang Angkutan Umum
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Teknik Sipil UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 06 May 2024 01:05 | ||||||||
Last Modified: | 06 May 2024 01:05 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3478 |
Actions (login required)
View Item |