Rondonuwu, Marvel and Munir, Rinaldi and Suwanto, Thomas Christian (2016) APLIKASI REKOMENDASI TEMPAT INDEKOS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
PDF
BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF
BAB II STUDI PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF
BAB III ANALISIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF
BAB VII KESIMPULAN & SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF
BAB IV PERANCANGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF
BAB VI PENGUJIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
|
PDF
marvel rondonnuwu.pdf Download (345kB) | Preview |
|
PDF
BAB V IMPLEMENTASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Untuk meningkatkan kemudahan bagi mahasiswa dalam memilih tempat indekos yang berada di area sekitar Universitas Katolik De La Salle Manado maka dibuatlah aplikasi ini. Pilihan tempat indekos yang digunakan didasari oleh data rekomendasi dari pihak universitas. Alasan penyediaan data rekomendasi tempat indekos adalah untuk meningkatkan jaminan keamanan bagi mahasiswa dalam menggunakan tempat indekos. Untuk itu, disusunlah tugas akhir dengan judul “Aplikasi Rekomendasi Tempat Indekos Menggunakan Augmented Realityâ€.
Augmented Reality (AR) merupakan teknologi interaksi yang membuat perpaduan antara dunia nyata dan dunia virtual atau dunia digital. Metode AR yang digunakan adalah metode tipe Pattern yang memanfaatkan pola atau penanda (marker) khusus yang dapat dipindai atau dideteksi oleh aplikasi AR. Pemindaian pada marker dijadikan sebagai pemicu untuk menampilkan elemen digital berupa model 3D statis maupun animasi atau unsur multimedia. Adapun metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah Metodologi Pengembangan Multimedia.
Implementasi dari metode tersebut menghasilkan aplikasi yang menggunakan teknologi AR untuk menampilkan model 3D bangunan tempat indekos. Kakas yang digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah use case diagram dan flowchart. Terdapat juga dua jenis perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan aplikasi yaitu untuk pemrograman dan desain material. Pemrograman aplikasi dilakukan menggunakan Unity 3D dengan bahasa pemrograman C# dan Vuforia sebagai pengolah marker. Material pada aplikasi didesain menggunakan Blender untuk mengolah model 3D dan Adobe Photoshop untuk mengolah gambar 2D. Aplikasi akan dipasangkan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi Android.
Dari hasil pengujian yang diperoleh, aplikasi berhasil memindai marker yang terdapat pada peta cetak. Aplikasi menampilkan model 3D bangunan tempat indekos, interior, dan informasinya. Hasil dan informasi yang diberikan oleh aplikasi dapat dimanfaatkan oleh pengguna sebagai sumber acuan untuk menentukan pilihan tempat indekos yang akan digunakan.
Kata kunci: Augmented Reality, Rekomendasi, Tempat Indekos.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 16 May 2018 00:41 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2020 07:02 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |