PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS 3 SD KATOLIK 14 SANTO PAULUS MANADO

Mirip, Yulince and Kasiahe, Evi Martika D. and Mandolang, Eunike (2023) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS 3 SD KATOLIK 14 SANTO PAULUS MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_YulinceMirip.pdf

Download (992kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_YulinceMirip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui permainan media kantong bilangan untuk siswa kelas 3 SD Santo Paulus Manado. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini yaitu 26 orang siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui tes, wawancara, observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas belajar siswa, serta dokumentasi. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam pelkasanaan penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengunaan Media Permainan Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas 3 SD Katolik 14 Santo Paulus Manado dapat meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada persentase yang meningkat dari prasiklus 38,46% meningkat pada siklus I menjadi 53,84% kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,61%. Berdasrkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pada indikator persiapan mendapatkan skor 5, pada semua aspek pembuka mendapatkan skor 15, kemudian pada semua aspek kegiatan inti mendapatkan skor 23, sedangkan pada kegiatan penutup mendapatkan skor 10 dan ketersedian media dengan skor 5 total keseluruhan skor 58 dengan persentase 77,31%. Sedangkan pada siklus II berdasrkan hasil observasi aktivitas guru pada indikator persiapan mendapatkan skor 5, pada semua aspek pembuka mendapatkan skor 20, kemudian pada semua aspek kegiatan inti mendapatkan skor 26, sedangkan pada kegiatan penutup mendapatkan skor 13 dan ketersedian media dengan skor 5 total keseluruhan skor 65 dengan persentase 91,97%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I indikator 1 skor 3, kemudian indikator 2 skor 3, selanjutnya indikator 3 skor 4, dan indikator 4 skor 3 total keseluruhan skor 13 dengan persentase 65%. Sedangkan pada siklus II berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I indikator 1 skor 4, kemudian indikator 2 skor 5, selanjutnya indikator 3 skor 4, dan indikator 4 skor 4 total keseluruhan skor 17 dengan persentase 85%.
Kata Kunci : Media Kantong Bilangan, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mirip, YulinceNIM.19281036
Kasiahe, Evi Martika D.NIDN.0914039302
Mandolang, EunikeNIDN.0925019201
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:27
Last Modified: 02 Apr 2024 05:27
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item