PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD KATOLIK 10 ST. THERESIA MANADO

Kemong, Siska and Tiwow, Deiby N.F. and Walewangko, Stief Aristo (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD KATOLIK 10 ST. THERESIA MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_SiskaKemong.pdf

Download (634kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_SiskaKemong.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siska Kemong, 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Role Play untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Katolik 10 St Theresia Manado”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Katolik De La Salle Manado. Dosen Pembimbing: Deiby Tiwow., S.Pd., M.Pd. dan Stief AWalewangko., S. Fils, M. Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui Model pembelajaran Role Play, di Kelas V SD Katolik 10 St Theresia Manado”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya terdiri dari dalam 2 siklus. Tiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Katolik 10. St Theresia Manado yang berjumlah 36 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,22, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,33. Rata-rata aktivitas guru pada siklus1 yaitu 72,22. dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11 %. Persentasi hasil belajar siswa pada tes pra siklusl sebesar 40.66%, pada siklus 1 sebesar 69.97% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,30%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role play dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD Katolik 10. Theresia Manado.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Play Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kemong, SiskaNIM.17081008
Tiwow, Deiby N.F.NIDN.0908049101
Walewangko, Stief AristoNIDN.0919078403
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:49
Last Modified: 02 Apr 2024 03:49
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item