KLASIFIKASI KEPUASAN SISWA TERHADAP KINERJA GURU MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5(Studi Kasus: SMK Negeri 5 Bitung)

Bawole, Ochan Fredrik Senduk and Paseru, Debby and Suwanto, Thomas Christian (2023) KLASIFIKASI KEPUASAN SISWA TERHADAP KINERJA GURU MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5(Studi Kasus: SMK Negeri 5 Bitung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_OchanBawole.pdf

Download (464kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_OchanBawole.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tantangan banyak dihadapi oleh sekolah untuk mempertahankan kualitas pembelajaran yang diberikan. SMK Negeri 5 Bitung merupakan salah satu sekolah yang menghadapi tantangan itu, sampai saat ini. Pelaksanaan penilaian kepuasan siswa terhadap kinerja guru saat ini sudah menjadi salah satu solusi bagi sekolah untuk dapat mengevaluasi pengajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa. Namun, proses yang dilakukan belum mampu untuk mengklasifikasi kepuasan siswa secara efektif karena tidak diketahui atribut mana yang berpengaruh terhadap guru sehingga sulit untuk memperbaiki kinerja guru. Jumlah data kuesioner yang cukup banyak juga mengakibatkan terjadinya kesalahan penilaian yang dihitung oleh kepala sekolah sehingga perbaikan kinerja guru yang dilakukan masih belum dilakukan secara efektif.
Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis melihat suatu kesempatan untuk membuat suatu aplikasi pengolahan data menggunakan teknik data mining dalam menentukan kepuasan siswa terhadap kinerja guru, yaitu teknik klasifikasi algoritma C4.5. Algoritma C4.5 merupakan salah satu algoritma yang digunakan dalam melakukan klasifikasi data, di mana tingkat akurasi yang didapat dengan persentase yang baik dapat membentuk pohon keputusan penilaian kinerja guru. Enam kriteria yang dipakai untuk mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kinerja guru, yaitu penguasaan, kemahiran, sikap, sosial, tugas, dan kehadiran. Label dari Tugas Akhir ini adalah tingkat kepuasan yang dibedakan menjadi 4 tingkatan, yaitu sangat puas, puas, kurang puas, dan sangat kurang puas.
Metodologi yang digunakan adalah waterfall dengan 5 tahapan, yaitu requirement analysis, system software design, implementation, integration and testing. Kakas pemodelan yang digunakan adalah Flowchart dan Data flow diagram (DFD). Dalam membangun aplikasi digunakan bahasa pemrograman PHP.
Hasil pengujian menunjukkan semua fitur berjalan dengan baik. Selain itu, Tugas Akhir ini memilih nilai confusion matrix yang tinggi, maka digunakan data latih 80%, dan data uji 20% sehingga hasil yang diperoleh akurasi 89%, presisi 50%, dan recall 73%.

Kata kunci: Kepuasan, Siswa, Klasifikasi, Data mining, C4.5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Bawole, Ochan Fredrik SendukNIM.16013075
Paseru, DebbyNIDN.0930097303
Suwanto, Thomas ChristianNIDN.0921128101
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:16
Last Modified: 20 Mar 2024 04:16
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item View Item