ANALISIS NILAI KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi kasus Ruas Jalan Manado-Tomohon)

Ering, Yosua Rivaldi and Manoppo, Fabian Johanes and Moniaga, Fenny (2021) ANALISIS NILAI KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi kasus Ruas Jalan Manado-Tomohon). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_YosuaEring.pdf

Download (305kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_YosuaEring.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kondisi perkerasan mempengaruhi kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Namun, kondisi trotoar semakin memburuk berkurang karena faktor kerusakan jalan yang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu kerusakan struktur yang meliputi kegagalan perkerasan atau kerusakan pada satu atau lebih komponen perkerasan yang mengakibatkan trotoar tidak bisa lagi menanggung beban lalu lintas, dan kerusakan fungsional yang meliputi keamanan dan kenyamanan, oleh karena itu perlu pemeliharaan jalan dilakukan, yang meliputi pemeliharaan, rehabilitasi, dukungan dan perbaikan. Upaya pemeliharaan dan perkerasan jalan diperlukan untuk mempertahankan kinerja perkerasan sampai umur layanan yang direcanakan. Dalam Metode PCI (Pavement Condition Index), tingkat keparahan kerusakan perkerasan merupakan fungsi dari 3 faktor utama, yaitu : tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, jumlah atau kerapatan kerusakan. PCI merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menujukan perkerasan perkerasan dalam kondisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukan perkerasan masih sempurna. Metode PCI digunakan untuk mengevaluasi kinerja perkerasan serta menunjukan upaya pemeliharaan dan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian didapat jenis dan nilai rat-rata kerusakan pada ruas jalan Manado, Tomohon KM 0+000 s/d 5+000 antara lain : Retak Kulit Buaya (0.00046 %), Lubang (0.00276 %), Pelepasan Butir (0.03126 %), Tambalan (0.00643 %), Penggausan Agregat (0.03437), Sungkur (0.00346 %), Amblas (0.0005 %), Retak kotak-kotak (0.0125) dengan nilai PCI rata-rata yaitu 88,8 % (excellent), dengan nilai kapasitas jalan setelah menggunakan metode MKJI 1997 sebesar 2282,2072 smp/jam. Berdasarkan klasifikasi yang ada yaitu sempurna (excellent), sangat baik (very good), baik (good), sedang (fair), jelek (poor) dan gagal (failed) kualitas ruas jalan Manado, Tomohon berada pada level sempurna (excellent). maka pemeliharaan jalan perlu ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pemakaian jalan.

Kata Kunci : Analisis, Kerusakan Jalan, Metode PCI, MKJI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ering, Yosua RivaldiNIM.17014004
Manoppo, Fabian JohanesUNSPECIFIED
Moniaga, FennyNIDN.0928088101
Subjects: Teknik Sipil
UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:04
Last Modified: 15 Nov 2023 04:04
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item View Item