PENERAPAN MODEL OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KATOLIK 14 ST. PAULUS MANADO

KARIM, VINCENTIA VIOLINDHA and Kasiahe, Evi Martika D. and Lomban, Edino Ayub (2023) PENERAPAN MODEL OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KATOLIK 14 ST. PAULUS MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_VincentiaKarim.pdf

Download (471kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_VincentiaKarim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Katolik 14 St. Paulus Manado. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dua pecahan desimal dengan menggunakan model open ended learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan Model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus dengan subjek sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada pencapaian ketuntasan yang diperoleh siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 76,57 dengan kategori baik. Jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah 19 orang dengan persentase sebesar 73%. Pada pelaksanaan siklus II meningkat, dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 94 dengan kategori sangat baik. Jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah 23 orang, dengan persentase sebesar 88%. 2) hasil dari aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I mencapai skor 63 dengan persentase sebesar 78,75% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 76 dan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat baik, dan 3) hasil dari aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I mencapai skor 14 dengan persentase sebesar 56% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai skor 27 dengan persentase sebesar 90% dengan kategori amat baik.

Kata Kunci: Model Open Ended Learning, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KARIM, VINCENTIA VIOLINDHANIM.19081011
Kasiahe, Evi Martika D.NIDN.0914039302
Lomban, Edino AyubNIDN.0911117502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:21
Last Modified: 15 Nov 2023 02:21
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item View Item