PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD KATOLIK 09 HATI KUDUS MANADO

DALIM, FRISKA and Mangundap, Jelvi Monica and Tamboto, Fabyana Imelda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD KATOLIK 09 HATI KUDUS MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_FriskaDalim.pdf

Download (392kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_FriskaDalim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu muatan pembelajaran yang sulit bagi siswa sehingga hasil belajar matematika sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas IV SD Katolik 09 Hati Kudus Manado. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, dengan subjek sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada pencapaian ketuntasan yang diperoleh siswa. Pada pra siklus, nilai rata-rata 50,38 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,57% (6 siswa). Pada siklus I nilai rata-rata 69,76 dengan persentase ketuntasan sebesar 62% (13 siswa). Lalu pada siklus II nilai rata-rata 80,71 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,71% (18 siswa) dan pada aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase 76,66% dan pada siklus II mencapai persentase 90%. Pada aktivitas siswa siklus I mencapai ketuntasan 63,33% dan pada siklus II mencapai persentase 80% Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas IV SD Katolik 09 Hati Kudus Manado. Dengan demikian disarankan kepada pihak sekolah dan guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Hasil belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DALIM, FRISKANIM.19081002
Mangundap, Jelvi MonicaNIDN.0923078704
Tamboto, Fabyana ImeldaNIDN.0927057401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:01
Last Modified: 15 Nov 2023 02:01
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3167

Actions (login required)

View Item View Item