ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SD GMIM 29 MANADO PADA MASA PANDEMI COVID 19

ISNALIA, ISNALIA and Lomban, Edino Ayub and Tiwow, Deiby N.F. (2021) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SD GMIM 29 MANADO PADA MASA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_Isnalia.pdf

Download (410kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_Isnalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Analisis faktor penghambatKeaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas V SD GMIM 29 Manado. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apa faktor penghambat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran di kelas V SD GMIM 29 Manado pada masa pandemi covid 19?, (2) bagaimana cara mengatasi faktor penghambat Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas V SD GMIM 29 Manado?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) faktor penghambatKeaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas V SD GMIM 29 Manado (2) cara mengatasi faktor penghambat Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas V SD GMIM 29 Manado. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 5 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas V, rekan guru sejawat dan dua orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obsrvasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor penghambat Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas V SD GMIM 29 Manado adalah siswa tidak memiliki paket internet untuk mengakses tugas yang di berikan oleh guru, jaringan internet tidak stabil, siswa cepat bosan memandangi layar handphone, slide power point yang di tampilkan oleh guru terkadang kurang menarik. (2) cara mengatasi faktor penghambat Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas V SD GMIM 29 Manado adalah guru memberikan tutor kepada siswa yang ketinggalan dalam setiap pembelajaran, membuat slide power poin lebih menarik lagi, bekerja sama dengan orang tua siswa agar mendampingi sang anak ketika lagi belajar.

Kata Kunci: Keaktifan, Covid 19, Belajar Dan Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ISNALIA, ISNALIANIM.17081005
Lomban, Edino AyubNIDN.0911117502
Tiwow, Deiby N.F.NIDN.0908049101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:58
Last Modified: 26 Oct 2023 04:58
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3131

Actions (login required)

View Item View Item