BALIRANGEN, NOVERIA GITA and MANGUNDAP, Annita Treesye Saphela Fransica and Aryesam, Primus (2023) PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN DALAM MENGGUNAKAN JASA BIRO PERJALANAN WISATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_NoveriaBalirangen.pdf Download (411kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_NoveriaBalirangen.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
Abstract
Biro perjalanan wisata merupakan perusahaan yang menyediakan layanan perjalanan wisata terkait, akomodasi, transportasi, restoran dan berbagai layanan wisata lainnya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dari setiap konsumen. Biro perjalanan wisata dalam mempromosikan berbagai jenis paket perjalanan wisata, memanfaatkan media sosial situs web dan juga brosur. Seringkali pemberian informasi yang dimuat dalam promosi iklan tidak sesuai dengan kenyataannya, sehingga menyebabkan pihak konsumen sering merasa dirugikan. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini agar penulis dapat mengetahui kekuatan mengikat para pihak serta bentuk pertanggungjawaban hukum yang seperti apa yang diberikan oleh biro perjalanan wisata atas kerugian yang dialami oleh konsumen. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian yuridis normatif, yang dalam pendekatannya dilakukan atas dasar bahan hukum, dimana sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yaitu bahan hukum yang didapat berasal dari penelusuran bahan hukum atau studi kepustakaan terhadap bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Untuk metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kekuatan mengikat antara biro perjalanan wisata dengan konsumen lahir dari adanya perjanjian kontraktual antara pihak biro perjalanan wisata dengan konsumen. Pengaturan perjanjian para pihak ini diatur dalam Pasal 1338 KUH Perdata, dan terdapat beberapa asas penting yang menjadi dasar fundamental dan mengikat para pihak untuk dapat melaksanakan suatu perjanjian. Berdasarkan perjanjian yang telah dibuat dan kemudian dilanggar oleh salah satu pihak, maka akibat hukum yang ditimbulkan adalah wanprestasi. Bentuk pertanggungjawaban yang dapat diberikan oleh biro perjalanan wisata karena adanya wanprestasi adalah berupa ganti kerugian yakni pengembalian uang atau penggantian barang dan atau jasa yang setara nilainya.
Kata Kunci : Biro Perjalanan Wisata, Konsumen, Pertanggungjawaban
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 03:11 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3119 |
Actions (login required)
View Item |