MOTTOH, KISCYA ANASTASYA and Lontoh, Rietha Lieke and Tambajong, Helena Benedicta (2023) PENYELESAIAN SENGKETA PEGADAIAN TERHADAP KONSUMEN ATAS RUSAKNYA OBJEK JAMINAN GADAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_KiscyaMottoh.pdf Download (298kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_KiscyaMottoh.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
Abstract
Pelaku usaha PT. Pegadaian di Indonesia diatur pada Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan dan diatur dalam KUHPerdata. Ditinjau pada permasalahan objek gadai konsumen rusak karena PT. Pegadaian, kendaraan beroda empat sering menjadi objek jaminan gadai untuk pinjaman dana. Perjanjian hutang piutang serta dengan jaminan tambahan tersebut tidak luput dari kesalahan dari salah satu pihak, kelalaian tersebut yaitu wanprestasi. Berdasarkan kerugian yang dialami konsumen akibat barang jaminan gadai rusak, para pihak harus menyelesaikan sengketa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap nasabah sebagai konsumen atas rusaknya objek jaminan gadai serta untuk mengetahui penyelesaian sengketa antara para pihak. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Penulis menggunakan metode penelitian dengan bahan hukum Primer, sekunder, dan tersier. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu metode kualitatif yakni menguraikan hasil penelitian dari dua fariabel yaitu sebab dan akibat dengan melibatkan bahan-bahan hukum. Hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah yakni pihak pegadaian harus mengurus barang jaminan agar tidak terjadi kerusakan sesuai dengan peraturan yang ada, perlindungan hukum terhadap konsumen dapat diberikan perlindungan hukum represif, dan dapat dilaksanakan penyelesaian sengketa melalui mediasi. Saran terhadap permasalahan tersebut dapat diharapkan agar pegadaian dapat memberikan perhatian lebih terhadap barang jaminan yang dijaminkan sebagai titipan, serta mampu merawat barang jaminan dengan baik untuk mencegah terjadinya kerusakan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi konsumen.
Kata Kunci: Gadai, Jaminan, Konsumen, Objek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 01:52 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 01:52 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3113 |
Actions (login required)
View Item |