PENGARUH PROMOSI MULUT KE MULUT, KUALITAS PRODUK DAN KEUNIKAN PRODUK DALAM BERWIRAUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMILIH ELOK BRIDAL

MARIA, WANTALANGI SHANIA and Tandaju, Teddy Y. and Turambi, Joseph J. A. (2021) PENGARUH PROMOSI MULUT KE MULUT, KUALITAS PRODUK DAN KEUNIKAN PRODUK DALAM BERWIRAUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMILIH ELOK BRIDAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_WANTALANGIMARIA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_WANTALANGIMARIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wantalangi, S. M., 2021. Pengaruh Promosi Mulut ke Mulut, Kualitas Produk dan Keunikan Produk Dalam Berwirausaha Terhadap Keputusan Pelanggan Memilih Elok Bridal. (Tandaju T. and Turambi J.)

Pertumbuhan UMKM di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara mengalami perkembangan tiap tahunnya, semakin banyak UMKM maka semakin banyak pesaing yang muncul. Untuk itu dibutuhkan strategi yang pas untuk dapat menang dalam persaingan untuk mempengaruhi keputusan pelanggan. Promosi mulut ke mulut merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan, dan juga pelaku usaha harus tetap menjaga kualitas produk yang dimiliki. Tidak lupa juga untuk menambahkan keunikan produk sehingga dapat lebih menarik perhatian pelanggan terhadap produk yang kita miliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen yakni promosi mulut ke mulut (X1), kualitas produk (X2), dan keunikan produk (X3) dalam berwirausaha terhadap variabel dependen yakni keputusan pelanggan (Y) pada Elok Bridal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi yakni seluruh pelanggan yang pernah menggunakan jasa bridal dan jasa menjahit di Elok Bridal. Sedangkan sampel yang diambil berdasarkan penentuan sampel dengan rumus Slovin sehingga total yang didapatkan sebanyak 95 responden, dengan teknik pengambilan sampel yakni teknik sampling acak sederhana. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden melalui Google Form serta observasi selama kerja praktek. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa faktor mulut ke mulut, kualitas produk, dan keunikan produk dalam berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan memilih Elok Bridal. Dan ketiga variabel ini secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan memilih Elok Bridal

Kata Kunci: Promosi Mulut ke Mulut, Kualitas Produk, Keunikan Produk, Keputusan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MARIA, WANTALANGI SHANIANIM.17042059
Tandaju, Teddy Y.NIDN.0923117004
Turambi, Joseph J. A.NIDN.0916036802
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:19
Last Modified: 19 Oct 2023 07:19
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item