PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SD GMIM 12 MANADO

Sigarlaki, Oktafiane and Supit, Patrisia H. and Sobon, Kosmas (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SD GMIM 12 MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_OktafianeSigarlaki.pdf

Download (452kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_OktafianeSigarlaki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa dengan jumlah 8 siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD GMIM 12 Manado?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD GMIM 12 Manado penerapan metode pembelajaran SQ3R.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian ini adalah penelitian Model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang telah diketahui melalui wawancara awal dengan guru kelas IV terdapat masalah dalam membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data ini adalah menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta model kemmis dan taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD GMIM 12 Manado mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra siklus 50.8 dengan ketuntasan 12,5%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata 54.6 dengan ketuntasan 12,5%, pertemuan 2 nilai rata-rata 64.6 dengan ketuntasan 37.5%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata 76.5 dengan ketuntasan 75%, pertemuan 2 nilai rata-rata 84.8 dengan ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD GMIM 12 Manado.

Kata Kunci: Metode SQ3R, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sigarlaki, OktafianeNIM.17081010
Supit, Patrisia H.NIDN.0907089104
Sobon, KosmasNIDN.0902038301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:43
Last Modified: 11 Sep 2023 00:43
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item