EFEKTIFITAS EDUKASI KESEHATAN TENTANG DAMPAK NEGATIF PERILAKU BULLYING DENGAN METODE EMO DEMO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA SEKOLAH DASAR SD XI KRISTEN TANDU

SALLO, GLORYA INJILIKA and Rakinaung, Nathalia Elisa and Geneo, Martinus (2022) EFEKTIFITAS EDUKASI KESEHATAN TENTANG DAMPAK NEGATIF PERILAKU BULLYING DENGAN METODE EMO DEMO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA SEKOLAH DASAR SD XI KRISTEN TANDU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_GloryaSallo.pdf

Download (547kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_GloryaSallo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Dampak negatif dari Bullying dapat menyebabkan seorang anak menjadi depresi, kurang percaya diri, perasaan sedih, duka cita dan kesusahan hati juga merasa bodoh dan tidak berharga sehingga kepercayaan diri mereka berkurang dan membuat mereka menjadi cemas dalam bersosial pada orang lain, dan pelaku Bullying dapat dapat mempunyai efek berupa kriminalitas karena terpengaruh oleh tingkat emosionalnya (Ybarra et al, 2018).
Tujuan : Untuk Mengetahui Tingkat pengetahuan dan sikap pelajar dalam pencegahan perilaku Bullying SD XI Kristen Tandu Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow.
Metode : Peneliti akan menggunakan Desain penelitian pre-experiment dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest dengan tujuan melihat apakah ada peruhan setelah diberikan penyuluhan kesehatan atau intervensi pada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Sekolah Dasar di SD XI Kristen Tandu sebanyak 25 siswa. Peneliti mengambil sampel pada siswa kelas 4-6 yang berada di SD XI Kristen Tandu sebanyak 25 responden, sampel ini menggunakan teknik Total Sampling. Waktu penelitian februari-juli 2022.
Hasil : Melalui uji Wilcoxon Pengetahuan Bullying menunjukkan P Value = 0,000. Sikap Bullying mrnunjukkan P Value = 0,000. Dan perilaku bullying menunjukkan P Value = 0,000.
Kesimpulan : pengetahuan tentang bullying terdapat perbedaan yang sangat signifikan setelah dilakukan edukasi tentang pengetahuan bullying pada aak sekolah dasar. Sikap bullying terdapat perbedaan yang sangat signifikan setelah dilakukan edukasi tentang sikap bullying pada anak sekolah dasar. Perilaku bullying terdapat perbedaan yang signifikan etelah dilakukan edukasi tentang perilaku bullying dengan menggunakan metode emo demo pada anak sekolah dasar.

Kata Kunci : Perilaku Bullying, sikap dan pengetahuan, metode emo demo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SALLO, GLORYA INJILIKANIM.18061065
Rakinaung, Nathalia ElisaNIDN.0910038703
Geneo, MartinusNIDN.0907117602
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:34
Last Modified: 08 Sep 2023 06:34
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item