HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMPN 1 MODOINDING KABUPATEN MINAHASA SELATAN

TAMBOTO, JEISI LAVENIA and Rakinaung, Nathalia Elisa and Sasube, Laurensi Meity (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMPN 1 MODOINDING KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_JeisiTamboto.pdf

Download (459kB)
[img] PDF
BAB-ISI-LAMPIRAN_JeisiTamboto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Sarana penggunaan gadget ini juga dapat memudahkan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain baik antar kota maupun antar negara dan sebagai media informasi dan gadget dapat membantu berkomunikasi antara individu dan kelompok, serta terdapat dampak dari peningkatan penggunaan gadget dapat menimbulkan berbagai macam masalah misalnya pada gangguan kesehatan mata, dan menutup diri dalam bersosialisasi dengan masayrakat lainnya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk hubungan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial dan kecerdasan emosional pada siswa SMPN 1 Modoinding Kabupaten Minahasa. Metode : Jenis penelitian adalah desain penelitian deskriptif… dengan menggunakan rancangan cross sectional. Lokasi penelitian SMPN 1 Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan. Populasi siswa berjumlah 133 orang, Semua Kelas, dan sampel yang diambil yaitu 82 orang siswa dengan teknik pengambilam sampel menggunakan purposive sampling. Analisis bivariat menggunakan uji Chi Squere untuk mengetahui penggunaan gadget terhadap interaksi sosial dan kecerdasan emosional dengan nilai ρ Value < 0,05. Hasil penelitian : Hasil analisis yang digunakan uji Chi Squere yang dapat menghasilkan variabel yang tidak terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial dengan nilai ρ Value = 0.244 sedangkan pada uji Chi Squere yang dapat menghasilkan variabel yang tidak terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional dengan nilai ρ Value = 0.788. Kesimpulan : Hasil yang didapat menunjukan bahwa nilai p > 0,05 jadi artinya Ho diterima dan Ha ditolak hal ini menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antar penggunaan gadget dengan interaksi. Nilai p > 0,05 jadi artinya Ho diterima dan Ha ditolak hal ini menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, Kecerdasan Emosional
Kepustakaaan: 14 Jurnal (2016-2019)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TAMBOTO, JEISI LAVENIANIM.15061043
Rakinaung, Nathalia ElisaNIDN.0910038703
Sasube, Laurensi MeityNIDN.0924056901
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:32
Last Modified: 18 Aug 2023 03:32
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item