HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III MANADO

MIOJO, DANIEL NEHEMIA and Kerangan, Johanis and Lombogia, Christian Apolinaris (2021) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_DanielMiojo.pdf

Download (538kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_DanielMiojo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan salah satu indicator untuk mengevaluasi mutu pelayanan yang di berikan. Perilaku caring di sector keperawatan memiliki peran penting karena hal tersebut adalah inti dari perawatan praktis yang professional sehingga dapat menghasilkan suatu kepuasan tersendiri bagi pasien dan pengguna jasa kesehatan di rumah sakit. Perilaku caring dapat di peroleh dengan di bagikannya kuisioner berisi dua belas pernyataan yang sebelumnya sudah di lakukan uji validitas dan reliabilitas. Sementara itu kepuasan pasien di ukur berdasarkan sebelas factor kepuasan pasien.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring
perawat dengan kepuasan pasien pada masa pandemic covid-19 di Instalasi Gawat
Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Manado

Metode : Penelitian ini menggunakan analisis korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan n=202 responden dengan kriteria sampel yang sudah di tentukan. Hasil

Hasil : hasil perilaku caring perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Tk III dalam kategori baik sebanyak 104 responden (51,5%) dan 98 responden ( 48,5%) kurang baik. Sedangkan kepuasan pasien 51,5 % (104) responden mengatakan puas serta
48,5% ( 98) responden tidak puas dengan kepuasan pasien. analisis terdapat
hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien saat masa pandemic covid-19 di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Manado dengan p-value (0,000) yaitu lebih kecil dengan nilai p-value α = (0,005).

Kesimpulan : Perilaku caring perawat adalah salah satu tolak ukur bagaimana kepuasan pasien saat mendapat pelayanan di suatu rumah sakit

Kata kunci: Hubungan Perilaku Caring, Kepuasan, IGD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MIOJO, DANIEL NEHEMIANIM.17061128
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Lombogia, Christian ApolinarisNIDN.1208059001
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:46
Last Modified: 17 Jul 2023 01:46
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item