PERSEPSI DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO

KAAWOAN, VIRGINIA ELISABET and Yauri, Indriani and Langelo, Wahyuny (2021) PERSEPSI DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_VIrginiaKaawoan.pdf

Download (676kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_VIrginiaKaawoan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Akibat kebijakan pembatasan jarak setelah pandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran dan membawa dampak yang bersifat positif maupun negatif didunia pendidikan. Persepsi dosen merupakan faktor penting yang perlu diketahui agar dapat mengatasi dengan baik masalah yang dialami dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar pada masa adaptasi baru.
Tujuan: Untuk menggali persepsi dosen terhadap pelaksanaan pembelajaran daring Di Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado.
Metode: Menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi adalah dosen program studi ilmu keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado berjumlah 19 orang, sampel yang di pilih berdasarkan kriteria inklusi sebanyak 4 orang, 2 dosen yang memiliki pengalaman mengajar mengajar >5 tahun dan 2 dosen yang memiliki pengalaman mengajar <5 tahun. Waktu penelitian pada tanggal 13-16 juli 2021. Pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi, wawancara, observasi dan catatan dangan empat pertanyaan panduan dan hasil akan diperoleh melalui 6 tahap, yaitu menggali data membaca berulang, menentukan kode awal, mencari tema, meninjau tema, mengidentifikasi dan memberi nama pada tema, kemudian membuat laporan.
Hasil: Dari hasil analisis yang telah dilakukan berdasarkan tahap-tahap telah ditemukan 2 tema, yaitu perubahan gaya belajar, mencapai tujuan pembelajaran. Dari tema-tema tersebut didukung oleh 4 kategori, 2 kategori pada tema pertama, 2
Kesimpulan: Tema pertama adalah perubahan gaya belajar, yang merupakan suatu keadaan yang dialami dosen dan mahasiswa untuk membangun kebiasaan baru pada proses pembelajaran daring. Tema kedua yaitu mencapai tujuan pembelajaran disini dosen menjelaskan bagaimana dia memilih cara yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah tersusun, juga membangun percaya diri yang menjelaskan tentang pengalaman yang ditemukan selama pembelajaran daring dan bagaimana cara untuk mengingkatkan kualitas diri.
Kata kunci : Pembelajaran daring, Persepsi dosen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KAAWOAN, VIRGINIA ELISABETNIM.17061143
Yauri, IndrianiNIDN.0911046702
Langelo, WahyunyNIDN.0923068401
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:50
Last Modified: 12 Jul 2023 07:50
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item