HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN TINGKAT PERTAMA DI UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO

KARUNDENG, GITA SYALOM and Wetik, Syenshie Virgini and Pondaag, Ferlan A. (2021) HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN TINGKAT PERTAMA DI UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_GitaKarundeng.pdf

Download (327kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_GitaKarundeng.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Penerapan sistem pembelajara daring menjadi alternatif selama pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) sehingga menimbulkan stres bagi mahasiswa. Penerapan sistem pembelajaran daring mengakibatkan stres pada mahasiswa terlebih pada mahasiswa baru dalam proses adaptasi ke sistem pembelajaran yang baru dengan kurikulum keperawatan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19 Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Pertama Di Universitas Katolik De La Salle Manado.
Metode: Penelitian ini merupakan study kuantitatif dengan menggunakan tipe desain deskriptif analitik serta menggunakan pendekatan potong lintang (cross sectional design), dengan penentuan jumlah sampel mengggunakan total sampling sebanyak 63 dan analisis data yang digunakan adalah statistik non parametric yaitu uji korelasi spearmans test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan (p=0,00) antara penerapan sistem pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 dengan stress akademik pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Pertama di Universitas Katolik De La Salle Manado dengan nilai koefisien korelasi yang kuat -0,542. Hasil ini menunjukan bahwa semakin baik adaptasi terhadap penerapan pembelajaran daring maka semakin ringan stres yang dialami mahasiswa.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini didukung oleh teori adaptasi Callista Roy, yang menjelaskan bahwa terjadinya respons adaptif atau maladaptive sangat ditentukan oleh mekanisme koping seseorang. Dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan koping mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran daring maka semakin baik respons koping mahasiswa tersebut dan semakin ringan stres yang dialaminya.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Stres Akademik, Mahasiswa
Kepustakaan: Jurnal 23, buku 11.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KARUNDENG, GITA SYALOMNIM.17061102
Wetik, Syenshie VirginiNIDN.0907098402
Pondaag, Ferlan A.UNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:06
Last Modified: 10 Feb 2023 01:06
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item