HARUN, JULLY ANGELINA and Wetik, Syenshie and Pondaag, Ferlan A. (2021) PENGARUH PERMAINAN EDUKASI CONGKLAK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KONSEP DIRI PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 2 BITUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_JullyHarun.pdf Download (735kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_JullyHarun.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang : Bila remaja gagal dalam mencapai identitas, akan menyebabkan kerancuan identitas. Berdasarkan hasil wawancara dari beberapa siswa di SMP N 2 Bitung didapati dampak konsep diri negatif dan beberapa siswa kurang paham dengan konsep diri. Permainan congklak berbasis pendidikan kesehatan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai konsep diri kepada remaja.
Tujuan : Diketahui pengaruh permainan edukasi congklak terhadap tingkat pengetahuan tentang konsep diri pada remaja putri di SMP N 2 Bitung.
Metode : Responden penelitian dari penelitian ini adalah siswa putri kelas VII di SMP N 2 Bitung yang berjumlah 32 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni accidental sampling dengan desain penelitian Quasy Experimental one group pre test-post test design. Uji statistik yang digunakkan yaitu Uji-t.
Hasil : Hasil uji statistik yang didapatkan dengan menggunakan paired smple t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0.000, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh permainan edukasi congklak terhadap tingkat pengetahuan tentang konsep diri pada remaja putri di SMP Negeri 2 Bitung.
Kata kunci : Tingkat Pengetahuan, Konsep Diri, Remaja, Permainan Edukasi Congklak.
Kepustakaan : artikel 2, buku/e-book 9, skripsi 10, dan jurnal 16.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:40 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2705 |
Actions (login required)
View Item |