PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICINGDAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADACV. FELLOW CULTURE INDONESIA

LOLOWANG, DEA SEVIYA and Paath, Franki M. and Sumakud, Erik. A. A. (2022) PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICINGDAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADACV. FELLOW CULTURE INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_DeaLolowang.pdf

Download (461kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_DeaLolowang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebuah usaha mempunyai tujuan mendapatkan keuntungan atas penjualan barang atau jasa, keuntungan tersebut diharapkan dapat menutupi seluruh biaya yang telah dikorbankan. Dalam memperoleh keuntungan sebuah usaha perlu memperhatikan perhitungan yang digunakan dalam menghitung Harga Pokok Produksi sampai penentuan Harga Jual Produk dan Perusahaan juga perlu melakukan pencatatan keuangan yang dapat mempermudah perusahaan untuk mengawasi siklus keuangan di perusahaan, juga pencatatan tersebut dapat membantu perusahaan untuk memperhitungkan seluruh biaya-biaya yang dikorbankan. Dengan perhitungan harga pokok produksi dan penetapan harga jual yang tepat dan berlandaskan teori akan sangat mempengaruhi harga jual produk yang perusahaan tetapkan dan secara langsung mempengaruhi pendapatan perusahaan satas penjualan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penetapan harga jual produk yang berdasarkan metode cost plus pricing dan untuk mengetahui pengaruh harga jual produk dengan metode terhadap laba perusahaan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian menggunakan teknik analisa deskriptif. Langkah yang dilakukan untuk menganalisis data, dimulai dari melakukan penggolongan biaya sampai dengan menghitung pengaruh harga jual terhadap laba perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya selisih antara perhitungan harga jual produk yang ditetapkan perusahaan dengan harga jual produk berdasarkan metode Cost Plus Pricing. Terdapat 4 produk yang mempunyai harga jual lebih rendah dibandingkan dengan harga jual berdasarkan metode dan terdapat 1 produk yang mempunyai harga jual lebih tinggi dari harga jual berdasarkan metode, yaitu Berry Fellow. Produk Tropical Tea dan Long Black memiliki selisih harga diatas 10% yaitu selisih 21,1% dan 28,3%. Perbedaan tersebut terjadi karena perusahaan tidak memperhitungkan seluruh biaya yang dikorbankan seperti biaya overhead, biaya non produksi dan investasi usaha.

Kata Kunci: Cost Plus Pricing, Full Costing, Harga Jual Produk, Harga Pokok Produksi dan Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LOLOWANG, DEA SEVIYANIM.18041032
Paath, Franki M.NIDN.0925057101
Sumakud, Erik. A. A.NIDN.0909018807
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:02
Last Modified: 09 Feb 2023 02:02
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item View Item