HUBUNGAN ADAPTASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN BURNOUT SYNDROME PADA DOSEN DI UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO

POTALANGI, FINE CLAUDIA and Wetik, Syenshie and Pondaag, Ferlan A. (2021) HUBUNGAN ADAPTASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN BURNOUT SYNDROME PADA DOSEN DI UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_FinePotalangi.pdf

Download (640kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_FinePotalangi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Penerapan pembelajaran daring akibat pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) berdampak pada aspek fisik dan psikologis dosen. Kegagalan beradaptasi dengan perubahan ini dapat membuat dosen mengalami Burnout Syndrome. Burnout Syndrome yang dialami dosen akan membuat dosen tidak sehat secara mental sehingga mengganggu kinerja dosen sebagai seorang tenaga pengajar.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan adaptasi penerapan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dengan Burnout Syndrome pada dosen di Universitas Katolik De La Salle Manado.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional studi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan n=48 responden yang bersedia menjadi responden penelitian. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi spearmans.
Hasil : Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dengan Burnout Syndrome pada dosen di Universitas Katolik De La Salle Manado dengan nilai p value 0,010, yang menunjukkan nilai yang lebih kecil dari nilai signifikansi ɑ < 0,05. Dengan nilai korelasi koefisien -0,370 dimana hubungan antar kedua variabel arahnya negatif yang berarti semakin baik adaptasi dosen terhadap pembelajaran daring semakin rendah resiko dosen mengalami Burnout Syndrome.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara adaptasi penerapan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dengan Burnout Syndrome pada dosen di Universitas
Katolik De La Salle Manado.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Burnout Syndrome, Dosen
Kepustakaan : 35 Jurnal, 6 Buku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
POTALANGI, FINE CLAUDIANIM.17061133
Wetik, SyenshieUNSPECIFIED
Pondaag, Ferlan A.UNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:38
Last Modified: 12 Jan 2023 01:38
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2658

Actions (login required)

View Item View Item